iklan jual beli mobil

Tokopedia Bagikan Tips dan Trik Sukses Jualan Online

  • Tokopedia memajukan UMKM lokal tak hanya lewat pemanfaatan teknologi, tapi juga membagikan tips dan trik agar penjualan terus meningkat.

Suarajatim.com - Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa dalam memajukan UMKM lokal dengan menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi. Hal ini disampaikan oleh Rizky Juanita Azuz selaku Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia. 


“Di Tokopedia, masyarakat bisa buka toko dengan mudah hanya lewat genggaman tangan, dimanapun dan kapanpun. Inilah yang menjadi salah satu pendorong semakin banyaknya masyarakat yang memulai bisnis online,” kata Rizky.


Ia pun menambahkan, bahwa hingga saat ini ada lebih dari 12 juta penjual di Tokopedia yang mana hampir 100%nya merupakan UMKM. Per November 2022, Tokopedia mencatat Medan, Semarang, Bandung, Jabodetabek, dan Surabaya sebagai wilayah dengan jumlah penjual tertinggi di Tokopedia.

Untuk memberikan dukungan yang lebih maksimal, Tokopedia mengadakan Virtual Media Workshop “Kiat Jitu Memulai Bisnis Online” bersama Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz serta narasumber Seller Expert, Jonathan Kho (Om Botak), Pemilik Usaha Mona Fish (Semarang), Hartono Samidjan dan Marketplace & Reseller Specialist Matchamu (Kab. Bantul), Monica Bayuasthi. 


Jonathan Kho memberikan tips bagi pelaku bisnis yang ingin memulai jualan online di marketplace seperti Tokopedia: 


1. Lakukan Riset Produk

Pelajari dulu target marketnya, cek tren produk di pasar, bandingkan harga dengan kompetitor, lalu lihat peluang bisnisnya agar bisa sukses.


“Sebisa mungkin jual produk yang banyak dibutuhkan masyarakat, namun belum banyak ditemukan di platform online. Ini bisa jadi peluang bisnis yang baik untuk dimanfaatkan,” terang Jonathan.


2. Judul dan Deskripsi Produk Harus Jelas dan Efektif

Penggunaan huruf besar dan kecil pada judul penting untuk diperhatikan. Hindari penggunaan karakter atau simbol yang malah sulit dibaca atau dicari pada kolom pencarian. “Misalnya, di Tokopedia saat ini sudah ada fitur varian, jadi tidak perlu lagi menuliskan kata varian di judul,” kata Jonathan.


Ia pun menambahkan, Tokopedia memiliki fitur wawasan pasar yang bisa dimanfaatkan untuk melihat kata kunci terpopuler, dan rekomendasi kategori hingga inspirasi tren produk.


3. Tampilkan Foto dan Dekorasi Toko yang Menarik

Jonathan juga mengatakan bahwa foto yang ditampilkan harus punya pencahayaan yang baik. Gunakan latar belakang putih atau polos. Penjual juga harus mendekorasi tokonya semenarik mungkin. Dengan demikian toko Anda akan terlihat berbeda dari toko lain sehingga mempermudah pembeli untuk melihat promo dan produk Anda.


4. Tetapkan Harga yang Pantas

“Agar penghasilan sesuai dengan target profit, penjual dapat menerapkan rumus “Harga jual = Modal : (1-% Target profit),” terang Jonathan.


5. Tentukan Strategi Promosi yang Tepat

Sejumlah fitur seperti TopAds, Broadcast Chat, Flash Sale, Cashback hingga Bebas ongkir dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk menarik pembeli.

Di kesempatan yang sama, pemilik usaha Mona Fish, Hartono Samidjan, juga membagikan pengalamannya. “TopAds jadi salah satu fitur andalan dalam mempromosikan ikan-ikan hias saya. Biasanya saya pasang di akhir pekan dan akhir bulan. Terbukti, fitur ini mendorong jumlah pesanan yang terus meningkat.”

Sementara Marketplace & Reseller Specialist Matchamu, Monica Bayuasthi mengungkapkan, “Sejauh ini, Flash Sale dan Kejar Diskon jadi fitur paling ampuh dalam mendorong penjualan Matchamu. Sekitar 45% omzet penjualan kami berasal dari penjualan di Tokopedia.”

LihatTutupKomentar