Jelang Perayaan 1 Abad NU, 6.000 Santri YPM Sidoarjo Siap Jadi Pasukan Semut

  • Tinggal menghitung jam, NU memasuki usianya ke 1 abad. Menjelang puncak acara yang akan digelar di GOR Delta Sidoarjo pada Selasa (7/2/2023), Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM)  mengerahkan 6.000 siswanya untuk jadi pasukan semut.

Sidoarjo, Suarajatim.com - Gaung 1 abad NU makin nyaring terdengar. Doa bersama mengiringi detik-detik resepsi itu. Yasin, Tahlil, dan sholawat dhiba menggema di beberapa titik. Salah satunya keluarga besar Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM) Taman, Sidoarjo yang memanjatkan doa bersama serentak di Kompleks YPM Ngelom dan Megare (Taman), Kompleks YPM Bringin-Taman, YPM Sukodono, YPM Tarik, YPM Wonoayu, dan YPM Sarirogo-Sidoarjo pada Senin, 6 Februari 2023 mulai pukul 07.00 WIB.


Sekitar 20 ribu peserta yang terdiri atas siswa dan guru hadir dengan balutan busana putih. Putra pendiri YPM, KH Munir Hasyim Latief, atau akrab disapa Gus Makki  mengatakan bahwa kegiatan doa bersama tersebut ditujukan untuk pendiri NU, ulama pejuang NU, dan demi kelancaran puncak resepsi 1 Abad NU.

“Kegiatan doa bersama seperti ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam menjemput hidayah Allah SWT dengan membahagiakan Rasulullah Muhammad SAW. Salah satu caranya adalah dengan membahagiakan orang-orang yang dicintai Rasulullah Muhammad SAW yakni para ulama. Karena itulah kami menggelar doa bersama sebagai salah satu bentuk kecintaan kepada ulama yang ujungnya adalah cinta kepada Rasulullah SAW,” jelas Gus Makki.


Selain itu, YPM mengerahkan kurang lebih 6.000 siswa untuk menjadi relawan atau pasukan semut yang akan membersihkan lokasi puncak acara 1 abad NU, yaitu GOR Delta Sidoarjo. Langkah ini dilakukan agar acara yang bakal diikuti jutaan jamaah tersebut berlangsung sukses dan lancar.


H Aslam Khitami, Ketua Dewan Pengawas YPM Sepanjang mengatakan, “Pasukan akan dibagi jadi dua tim. Tim pertama berjumlah 5.000 orang sebagai relawan petugas kebersihan, sementara 1.000 orang lainnya akan bertugas jadi relawan yang menyiapkan logistik bagi peserta resepsi 1 Abad NU. Ini merupakan bentuk tawadhunya YPM kepada para kiai dan ulama NU."


“Bagi keluarga besar YPM, khususnya siswa yang terlibat langsung menjadi pasukan semut, semoga kegiatan ini semakin menambah rasa cinta kepada lingkungan. Menyadarkan bahwa ada hal yang perlu mendapat perhatian besar, yaitu tentang kebersihan lingkungan yang ujungnya adalah merawat jagat, sesuai tema Harlah 1 Abad NU,” tambah H Aslam Khitami.


Terkait pendistribusian logistik, Gus Aslam menyatakan bahwa, sekitar 15 ribu paket konsumsi akan disebar dari 12 tenda yang didirikan YPM Sepanjang menuju RS Delta Surya, sepanjang Jalan Ponti hingga SMP Negeri 2 Sidoarjo, juga di daerah selatan GOR.


“Logistik tersebut merupakan hasil partisipasi dari guru wali kelas, siswa, dan mahasiswa Umaha. Mudah-mudahan NU ke depannya semakin mengglobal dan keberadaannya tidak hanya berkontribusi untuk bangsa saja, melainkan juga untuk dunia. NU tidak hanya terdepan dalam masalah keagamaan, tapi juga kelestarian lingkungan,” tutupnya. 

LihatTutupKomentar