iklan jual beli mobil

Mudik Gratis Bersama BUMN Resmi Dibuka, Segini Kuotanya

  • Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program tahunan Mudik Lebaran Gratis. Bagi yang berminat bisa mendaftar mulai hari ini (15/3) di masing-masing website BUMN terkait.

Bandung, Suarajatim.com — Program mudik lebaran 2023 bersama BUMN, resmi diluncurkan. Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan bahwa BUMN menyiapkan 65.603 kuota mudik gratis, dengan rincian 46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut.


"Ini merupakan bagian dari program BUMN dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa," kata Erick dalam pernyataannya. 


Menurut Erick, program mudik bersama merupakan langkah strategis dalam memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik. Melalui program ini, harapannya dapat mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman.


"76 BUMN yang dipimpin PT Jasa Raharja saling berkolaborasi untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat," ucap Erick.


Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menuturkan program mudik gratis ini merupakan implementasi bakti BUMN sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN. 


Lebih lanjut Tedi menyebut mudik bersama BUMN adalah upaya dalam mewujudkan perayaan mudik yang aman, nyaman, lancar, dan zero accident.


"Flag off pemberangkatan mudik Bersama BUMN tahun ini akan dilaksanakan di Jakarta pada 18 April dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta," ungkap Tedi.


Konferensi pers peluncuran program mudik gratis BUMN 2023 pada Rabu (15/3) dihadiri oleh Asisten Deputi TJSL, Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono, dan Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono selaku PIC program tersebut di Bandung, Jawa Barat. 


Edi Eko Cahyono mengatakan bahwa pendaftaran mudik bersama BUMN 2023 sudah bisa dilakukan secara daring mulai hari ini (15 Maret 2023). Dimana mekanisme pendaftaran dapat dilihat di kanal resmi Kementerian BUMN.


"Masyarakat dapat terus mengupdate informasi melalui saluran website dan berbagai media sosial resmi Kementerian BUMN," tambah Edi.


Rivan A. Purwantono menyampaikan bahwa peserta program mudik gratis akan diberangkatkan dari berbagai titik seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Palembang ke berbagai kota tujuan.


"Bagi peserta yang tertarik untuk mengikuti Mudik Bersama BUMN dapat melihat pengumuman detail pendaftaran Mudik Bersama BUMN di website maupun sosial medial resmi dari masing-masing BUMN penyelenggara Mudik Bersama," tutup Rivan.

LihatTutupKomentar