iklan jual beli mobil

Sambut Ramadhan, PLN Lakukan Pemeliharaan Gardu Induk Sekarputih

  • Demi memastikan seluruh pelanggan menikmati Bulan Ramadhah tanpa gangguan listrik, PLN lakukan pemeliharaan Gardu Induk (GI) 150 kV Sekarputih.

Mojokerto, Suarajatim.com - Setelah munculnya hotspot (pemburukan koneksi), PLN langsung melakukan pemeliharaan Gardu Induk (GI) 150 kV Sekarputih pada  Kamis (9/3).


Ahmad Azhari Kemma selaku Manajer Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Malang mengatakan bahwa pemeriksaan suhu rutin dilakukan untuk memastikan kondisi sistem dalam keadaan prima.


“Cek suhu dengan thermovisi dilakukan rutin secara harian pada seluruh sistem. Kami menemui adanya suhu yang tinggi, sehingga perlu dilakukan pemeliharaan oleh Tim PDKB (Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan), mengingat suplai juga kepada pelanggan tegangan tinggi," terang Azhari.


Azhari juga mengatakan bahwa pemeliharaan berhasil dilakukan dengan lancar selama 3 jam sejak dilakukannya persiapan. “Pembersihan klem berhasil diselesaikan pada pukul 12.00 WIB dalam kondisi sistem bertegangan oleh 7 orang tim PDKB didukung oleh cuaca yang cerah sehingga memudahkan tim dalam pengerjaannya."


Hal serupa dikatakan oleh Didik Fauzi Dakhlan, General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali. Menurutnya pemeliharaan ini merupakan langkah dalam mempersiapkan sistem kelistrikan pada jaringan transmisi terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Bulan Ramadhan mendatang.


"Pemeliharaan di GI Sekarputih dilakukan secara bertegangan agar tidak mengganggu aktivitas industri. Ini merupakan komitmen PLN dalam penyediaan pasokan kebutuhan listrik yang andal kepada pelanggan terutama  pelanggan KTT (Konsumen Tegangan Tinggi). Harapannya di Bulan Ramadhan pelanggan dapat beribadah dengan tenang”, paparnya.


Didik juga menyebutkan, dengan penyelesaian pekerjaan secara online atau sistem dalam kondisi bertegangan tanpa padam, PLN berhasil meminimalisir potensi beban berlebih pada salah satu jalur transmisi. “PLN dapat menyelamatkan energi sebesar 21 Megawatt dalam pemeliharaan secara online pada GI Sekarputih”, ungkap Didik menyebutkan


Untuk penyaluran pasokan kelistrikan sendiri, GI Sekarputih memenuhi kebutuhan pelanggan rumah tangga hingga pelanggan KTT di daerah Mojokerto dan sekitarnya, yaitu PT Tjiwikimia, PT Bangun, juga PT Ajinomoto Indonesia.

LihatTutupKomentar