iklan jual beli mobil

Awas Penipuan Ngaku Petugas PLN, Ini Motifnya

  • PLN mengungkapkan kasus-kasus penipuan yang kerap terjadi mengatasnamakan PLN. Perhatikan ciri dan cara menghindarinya.

Jakarta, Suarajatim.com - Kejahatan digital hadir dengan beragam motif. Salah satunya mengincar para pelanggan PLN. Motifnya bermacam-macam, mulai dari ajakan mendownload aplikasi tertentu, survei berhadiah, pembelian box kWh Meter, rekrutmen pegawai, hingga permintaan foto diri pelanggan.


Untuk itu, PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat agar waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan PLN. Hal ini disampaikan oleh Executive Vice President Corporate Communication & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto.


"Modus yang dilakukan oknum petugas baru-baru ini adalah meminta pelanggan mengirimkan foto diri melalui aplikasi pesan singkat. PLN tidak pernah meminta data diri maupun uang dari pelanggan melalui nomor asing yang tidak sesuai ketentuan," kata Gregorius.


Gregorius juga menegaskan bahwa petugas PLN selalu dilengkapi identitas yang jelas. PLN juga tidak pernah mengadakan layanan door to door ke pelanggan seperti penjualan box kWh meter atau pemasangan baru, dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan.


"Dalam melakukan transaksi pembayaran layanan, PLN selalu menggunakan nomor register atau kode bayar yang hanya bisa dibayarkan melalui payment point online bank (PPOB) atau marketplace," tegas Gregorius.


Agar pelanggan terhindar dari penipuan, penting mengenali ciri-ciri petugas resmi PLN. Mereka selalu dibekali surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD), serta seragam kerja saat bertugas.


"Petugas PLN tidak meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran melalui sistem PPOB, tidak ada pembayaran di tempat," ujarnya.


Lebih lanjut Gregorius mengatakan bahwa jika masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, segera laporkan melalui PLN Mobile dan Contact Center PLN 123.


Mengakses layanan PLN yang aman bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile yang sudah mencakup seluruh layanan maupun informasi resmi berbagai program PLN.

LihatTutupKomentar