iklan jual beli mobil

Jaga Kelancaran Arus Balik Lebaran, Kemenhub, Korlantas Polri, dan Jasa Raharja Tinjau Kondisi Lalu Lintas di Beberapa Wilayah

jasa raharja tinjau arus balik
Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat meninjau arus balik Lebaran 2023.

Cikampek, Suarajatim.com - Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi, melakukan tinjauan pengamanan arus balik Lebaran 2023 ke beberapa titik pada Kamis (27/04/2023).

Mereka berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma menggunakan helikopter Polri dan mendarat di Kantor Jasa Marga Cikampek, Jawa Barat. Selain meninjau kondisi arus lalu lintas di gerbang Tol Cikampek Utama, Menhub juga menggelar rapat evaluasi terbatas yang dihadiri oleh Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Irjen Pol. Hendro Sugiatno, dan beberapa perwakilan instansi terkait.

Pelepasan Titik Awal One Way Arus Balik Lebaran 2023 Di Tol Kalikangkung

Rivan mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan untuk memantau kondisi arus lalu lintas, pelayanan, dan pengamanan di beberapa wilayah. "Kita memastikan bahwa pelayanan dan pengamanan di sisa periode mudik Lebaran ini konsisten dilakukan," ujarnya di sela kegiatan tersebut.

Menurut Rivan, pelaksanaan mudik Idulfitri 1444 Hijriah sejauh ini berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, ia meminta kepada para petugas di lapangan untuk tetap semangat dalam melakukan pelayanan hingga akhir masa libur Lebaran. "Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada di jalan dan senantiasa mematuhi peraturan," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi menyampaikan, berdasarkan pantauan arus lalu lintas via udara, pergerakan kendaraan di tol Cikampek dan Cipali relatif lancar. Meski demikian, ia memprediksi masih ada pergerakan masyarakat yang telah sampai di Jakarta, untuk melanjutkan silaturahmi, mengingat masa libur masih berlanjut hingga 1 Mei mendatang.

"Oleh karena itu, kita akan terus mempertahankan sistem ini sementara, karena kita lihat efektif bisa mengantar masyarakat untuk waktu yang tidak terlalu lama di jalan, dan masih dalam keadaan bugar," ucap Firman.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, bahwa pemerintah sangat prihatin mewujudkan pelaksanaan mudik Lebaran dengan aman, nyaman, dan berkeselamatan. "Ini merupakan upaya kita untuk bagaimana bisa membahagiakan masyarakat. Tentunya keselamatan adalah menjadi perhatian utama kita, bahwa keselamatan adalah nomor satu," imbuhnya.

Usai melakukan rapat evaluasi lintas instansi, Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa masih ada sekitar 55,8 persen masyarakat yang belum pulang dari kampung halaman mereka. Oleh karena itu, Menteri Perhubungan mengimbau agar mereka yang akan kembali untuk memilih waktu keberangkatan di luar puncak arus balik dan selalu memprioritaskan keselamatan dalam perjalanan.

Budi Karya Sumadi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam koordinasi dan kolaborasi yang baik dalam menjaga kelancaran arus mudik dan balik Lebaran. Ia juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah mematuhi aturan pemerintah demi terciptanya keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan.(*)
LihatTutupKomentar