iklan jual beli mobil

Komisi VI DPR RI Dorong Pemerintah Salurkan Bansos Ayam dan Telur untuk Cegah Stunting

  • Dukung Program Pemberantasan Stunting, Singgih Januratmoko Usulkan Penyaluran Daging Ayam dan Telur sebagai Bansos


Komisi VI DPR RI Dorong Pemerintah Salurkan Bansos Ayam dan Telur untuk Cegah Stunting
Singgih Januratmoko, anggota Komisi VI DPR RI dan Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR)


Jakarta, Suarajatim.com - Untuk mengatasi stunting pada anak, Singgih Januratmoko, anggota Komisi VI DPR RI dan Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR), mengusulkan agar pemerintah menyalurkan daging ayam dan telur sebagai bantuan sosial (Bansos).

Menurut Singgih, daging ayam dan telur adalah makanan yang kaya protein dan harganya terjangkau, sehingga cocok untuk mencegah stunting pada anak.

"Stunting bukan hanya fenomena pertumbuhan anak yang lambat akibat kurang gizi, tapi juga dapat mengancam eksistensi sebuah bangsa di masa depan. Oleh karena itu, program pemberantasan stunting yang digencarkan oleh pemerintah sangatlah penting," kata Singgih, dikutip dari rilis (5/4).

Menurut situs yankes.kemkes.go.id, stunting dapat mengakibatkan tergerusnya 2-3 persen Produk Domestik Bruto (GDP).

"Kami usulkan Bansos untuk program stunting diberikan kepada 1,4 juta kepala keluarga (KK) dan diperluas hingga 21,9 juta KK sebagaimana Bansos beras. Hal ini selain sesuai dengan peruntukannya juga dapat mengangkat nasib 13 juta pekerja di industri peternakan rakyat yang tergolong UMKM, yang terancam menganggur karena banyak peternak rakyat yang merugi," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo juga menganjurkan konsumsi telur untuk mencegah stunting pada anak balita.

"Pemenuhan kebutuhan gizi, termasuk protein hewani, pada 1.000 hari pertama kehidupan anak sangatlah penting untuk mencegah stunting, kekurangan gizi kronis yang menyebabkan pertumbuhan anak terganggu," kata Hasto.

Telur mengandung protein, kolin, selenium, yodium, fosfor, besi, seng, serta vitamin A, B, D, dan K, sehingga bisa digunakan untuk memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi anak selama masa pertumbuhan.

"Oleh karena itu, penyaluran daging ayam dan telur sebagai Bansos sangatlah penting untuk mencegah stunting dan menjaga generasi potensial penerus pembangunan bangsa," pungkasnya.(*)
LihatTutupKomentar