iklan jual beli mobil

Pameran Fotografi Analog AMPUH: Menolak Kepunahan dalam Era Digitalisasi

pameran fotografi surabaya

Surabaya, Suarajatim.com - Unit Kegiatan Mahasiswa Communication Photography Club (CIPHOC) kali ini mengadakan Pameran Fotografi Analog dengan tema "Analog Menolak Punah". Pameran ini diadakan di lobi Gedung F Universitas Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (09/07/2023), dan memamerkan puluhan foto yang menghiasi ruangan.


Adrianus Masang Maran, selaku Ketua Pelaksana, menjelaskan bahwa CIPHOC adalah unit kegiatan mahasiswa yang masih menjaga dan melestarikan tradisi penggunaan kamera analog. Mereka mengubah hasil karya mereka menjadi mahakarya dalam pameran ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menentang kepunahan kamera analog di era digitalisasi yang semakin pesat.

"Fotografi Analog adalah jenis fotografi yang menggunakan film gulungan sebagai media untuk merekam subjek. Fotografi ini diperkenalkan pada tahun 1980-an dan menjadi populer pada waktu itu. Namun, dalam era modern ini, fotografi analog mengalami kemunduran karena adanya kamera digital yang lebih canggih dan tidak memiliki batasan penyimpanan file foto seperti fotografi analog," ungkap Adrianus.

Selain memamerkan mahakarya fotografi, pameran ini juga menyelenggarakan berbagai acara pendukung, termasuk Fashion Show Batik yang melibatkan Putra Putri Kampus Unitomo. Acara ini juga mengundang Veve Sylvia, Runner Up 2 Miss Queen Indonesia 2021, serta menampilkan tari remo, musikalisasi puisi, dan pencak silat oleh mahasiswa.

"Konsep budaya yang diusung bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya yang telah diwariskan oleh leluhur, sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan kampus. Selain itu, konsep ini juga memberikan peluang bagi mahasiswa yang memiliki bakat di bidang kebudayaan," tambahnya.

Foto-foto yang dipamerkan tidak terlepas dari kreativitas para pameris yang terinspirasi oleh kehidupan sosial maupun pengalaman pribadi mereka. Karya foto analog mereka menggambarkan hal-hal tersebut. Salah satu karya foto yang menarik dalam pameran ini adalah karya Putri Yeza, yang berjudul "Master Piece". Foto ini menggambarkan kamera analog yang tumpang tindih dengan pistol, melambangkan bahwa fotografi analog masih mampu menyampaikan pesan dengan kuat.

Pameran Fotografi AMPUH ini menampilkan 25 mahakarya foto analog yang dibuat oleh empat pameris angkatan 2021, yaitu Adrianus Masang Maran, Reza Nugraha, Andika Setiyadi, dan Putri Yeza. Pameran Fotografi Analog ini akan berlangsung dari tanggal 10 hingga 15 Juli 2023.

LihatTutupKomentar