mie lurus

Persis Pemilu, Ratusan Siswa SMP Bina Karya Surabaya Nyoblos di Pemilihan Ketua OSIS

  • SMP Bina Karya Surabaya melakukan pemilihan ketua OSIS dengan sistem pemilu.

Surabaya, Suarajatim.com - Ada pemandangan unik di SMP Bina Karya Surabaya pada Rabu (6/9/2023). Para siswa memadati lapangan untuk memberikan hak suara mereka dalam memilih ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).


Pemilihan ketua OSIS diadakan seperti tata cara pemilihan presiden atau kepala daerah, yakni dengan pencoblosan secara langsung.


Sebanyak 210 siswa yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX diperbolehkan memilih kandidat jagoan mereka. Tak hanya murid, total 21 orang guru beserta staf, bahkan kepala sekolah dan wakilnya juga ikut memilih.

Acara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dimulai pukul 12.30 WIB di halaman SMP Bina Karya, Jalan Tambak Asri 133 Surabaya.


Layaknya pemilu, sebelum pencoblosan, para kandidat ketua dan wakil ketua OSIS juga melakukan kampanye dengan menyampaikan visi dan misi di hadapan seluruh siswa dan guru. Bahkan digelar juga debat antarcalon.


Ada dua kandidat yang bertarung memperebutkan jabatan ketua dan wakil OSIS. Kandidat pada nomor urut 1 adalah Zaskia Ningrum dan Azzila Vela Melana dari Partai Aspirasi Siswa.


Sedangkan kandidat nomer urut 2 adalah Dony Hendra Prasetya dan Danny Marco dari Partai Demokrasi Siswa.

Kepala Sekolah SMP Bina Karya Surabaya, Muhammad Bagus Solichin, S.Pd, mengaku sengaja menggelar pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dengan sistem pemilu karena ingin mengajarkan siswa untuk belajar berdemokrasi sedini mungkin. Termasuk di antaranya bagaimana menggunakan hak suara dengan mencoblos.


"Semoga ke depannya, ada dari mereka (siswa) yang menjadi pejabat pemerintahan, menteri bahkan Presiden," harap Bagus.


Hal senada juga diungkapkan Daniel Lukas Rorong, Wakil Sekretaris Yayasan Bina Karya yang ikut hadir dan memantau acara.


Menurut Daniel, kegiatan ini patut diapresiasi, mengingat para siswa telah berhasil melaksanakan proses pemilihan dengan baik meski masih duduk di bangku SMP.


"Bahkan saya melihat sendiri, antar kandidat bisa duduk bareng bahkan becanda selama pemungutan suara berlangsung. Ini bisa dijadikan contoh oleh pejabat-pejabat yang sebentar lagi akan jadi Calon Presiden, Calon Kepala Daerah atau bahkan Calon Anggota Legislatif (Caleg), agar tetap rukun dan bisa bersaing secara sehat," ungkap Daniel.


Adapun hasil akhir berdasarkan penghitungan suara, kandidat nomer urut 2 yakni Dony Hendra Prasetya dan Danny Marco dari Partai Demokrasi Siswa memenangkan pemilihan dengan total perolehan sebanyak 166 suara.


Sedangkan kandidat nomer urut 1 yakni Zaskia Ningrum dan Azzila Vela Melana dari Partai Aspirasi Siswa harus berpuas diri dengan 62 suara. Sementara ada 2 suara yang tidak sah dikarenakan mencoblos keduanya.


Setelah hasil pemilihan diumumkan, Dony Hendra Prasetya selaku ketua OSIS terpilih mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dan gurunya atas kepercayaan yang diberikan.


"Semoga saya bisa amanah dan bisa mengajak teman-teman untuk membangun almamater tercinta ke depannya menjadi lebih baik lagi," katanya.

LihatTutupKomentar
close
mayora