iklan jual beli mobil

Pakai Aplikasi Tokopedia, Urusan Keuangan Bulanan Jadi Lebih Hemat dan Mudah

  • Melihat tingginya pengeluaran masyarakat Indonesia dalam sektor rumah tangga, Tokopedia membagikan tips cara mengelola keuangan dengan mudah melalui aplikasi Tokopedia.

Suarajatim.com - Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang berjudul ‘Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia 2022’ dirilis pada 23 Juni 2023, pengeluaran per kapita per bulan penduduk Indonesia pada September 2022 mencapai Rp1,39 juta. Jumlah ini naik 8,71% dibandingkan pengeluaran per kapita per bulan pada September 2021 yang hanya 1,28 juta.


Rizky Juanita Azuz, Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, berdasarkan data internal Tokopedia pada semester I 2023, kebanyakan masyarakat Indonesia mengeluarkan uang untuk belanja kebutuhan rumah tangga. Disamping itu juga untuk fashion, otomotif, olahraga, hobi, dan kebutuhan harian lainnya.


“Lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar di Tokopedia yang bisa dijangkau oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Menyambut Hari Keuangan Nasional 30 Oktober 2023, Tokopedia terus berupaya menyediakan berbagai kampanye dan fitur yang relevan untuk membantu masyarakat, termasuk pasangan baru, mengelola keuangan rumah tangga dengan lebih hemat,” ungkap Rizky.


Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yang tak ada habisnya, Rizky menyampaikan bagaimana cara  mengelola keuangan yang baik, terutama bagi mereka yang baru berumah tangga.


1. Satukan persepsi, utamakan diskusi, dan catat dengan terperinci.

Sangat penting bagi pasangan suami istri untuk saling terbuka soal keuangan. Pahami gaya hidup satu sama lain dan komunikasikan seperti apa ekspektasi masing-masing terhadap kondisi keuangan keluarga ke depannya. Jangan lupa buat catatan pengeluaran dan pemasukan.


“Kadang kita lupa mana tagihan yang sudah dibayar dan yang belum. Kalau sampai lupa, bisa kena denda. Agar hal ini tidak terjadi, masyarakat bisa pakai fitur Kelola Tagihan di Tokopedia. Anda bisa bayar belasan macam tagihan dan top-up sekaligus dalam satu halaman,” kata Rizky.


2. Prioritaskan kebutuhan pokok 

Makanan, pakaian, tempat tinggal, dan transportasi harus diprioritaskan. Agar efektif, buatlah anggarannya.


“Misalnya saat belanja online, cek dan bandingkan harga serta produk terlebih dahulu. Manfaatkan inovasi fitur terbaru Tokopedia, yaitu fitur Multiple Product Search untuk mencari lebih dari satu produk sekaligus lewat kolom pencarian dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko penjual yang menjual semua produk kebutuhan yang dicari. Dengan fitur ‘Multiple Product Search’, pengguna bisa makin mudah berbelanja online dengan ongkir yang lebih hemat,” kata Rizky.


Pengguna bisa menggunakan fitur Multiple Product Search di Tokopedia dengan cara mengakses kolom pencarian pada halaman utama Tokopedia, ketik satu produk yang dicari, lalu klik tanda plus di sebelah kanan, tambahkan dua produk lainnya untuk dicari secara bersamaan. 

3. Perhatikan pengeluaran musiman

Contoh pengeluaran musiman antara lain biaya reparasi mobil, bayar pajak tahunan, biaya liburan, dan sejenisnya.


“Pajak tahunan seperti Pajak Kendaraan Bermotor atau Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bisa dibayarkan dengan mudah di fitur Loket Pajak Tokopedia dengan lebih dari 65 metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia,” ungkap Rizky.


4. Siapkan dana tak terduga lewat investasi jangka panjang 

Agar lebih tenang di tengah segala ketidakpastian, persiapkan dana darurat di rekening terpisah.


“Simpanlah dana darurat dalam bentuk investasi, misalnya melalui Tokopedia Emas. Di mana emas masih menjadi salah satu pilihan investasi yang relatif aman untuk dijalankan dalam jangka panjang,” kata Rizky.


5. Manfaatkan fitur-fitur yang bisa membuat belanja online makin hemat

Belanja online makin hemat, pakai ‘PLUS’ (sebelumnya PLUS by GoTo), paket langganan dari Tokopedia sebagai bagian dari ekosistem Grup GoTo, yang memungkinkan masyarakat di Pulau Jawa–dan akan terus bertambah ke wilayah lainnya–menikmati berbagai produk berlogo PLUS dengan Bebas Ongkir dan waktu pengiriman yang lebih cepat.


“Kini PLUS hadir dengan lebih banyak manfaat. Salah satunya adalah bebas ongkir sepuasnya tanpa batas, serta biaya ongkos kirim tetap untuk pengiriman same-day tanpa minimum transaksi. Selain itu, PLUS menghadirkan keuntungan bebas ongkir untuk pembelian GoFood dari mitra restoran berlogo GoFood PLUS. PLUS juga menghadirkan sederet benefit lain, termasuk layanan pelanggan prioritas Tokopedia Care, promo eksklusif dan potongan harga melalui kolaborasi dengan para mitra strategis,” jelas Rizky.


Rizky melanjutkan bahwa pengguna PLUS bisa menikmati bebas biaya jasa aplikasi untuk tiap pembelian dari produk berlogo PLUS. 


Seluruh benefit PLUS dapat diakses dengan biaya langganan yang lebih terjangkau. Untuk paket langganan PLUS 1 bulan, ada diskon 40 persen menjadi Rp30.000. Untuk paket langganan 3 bulan, ada diskon 53% menjadi Rp70.000, atau Rp23.334 per bulan. Sedangkan untuk paket langganan 6 bulan, ada diskon 70 persen menjadi Rp90.000, atau Rp15.000 per bulan.

LihatTutupKomentar