iklan jual beli mobil

Rayakan Eksistensi ke 78 Tahun, PLN Siap Jadi Perusahaan Penyedia Energi Kelas Dunia

  • PT PLN (Persero) rayakan hari lahir ke  78 tahun. Presiden Jokow beri apresiasi dan semangat agar PLN bisa terus maju mewujudkan target menjadi perusahaan penyedia energi kelas dunia.

Jakarta, Suarajatim.com - Tanggal 27 Oktober 2023, tepat 78 tahun PT PLN (Persero) hadir menerangi Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional (HLN), Presiden RI Joko Widodo menuturkan apresiasinya terhadap kemajuan yang terus ditorehkan PLN  dalam menjaga ketahanan energi Indonesia.


"Selamat hari listrik nasional yang ke 78. Kepada seluruh keluarga besar, perusahaan listrik negara di seluruh penjuru tanah air. Teruslah bertransformasi agar PLN semakin kokoh dan maju mewujudkan ketahanan energi di masa depan, dan menerangi Indonesia sampai ke pelosok negeri," ujar Presiden Joko Widodo.


Komisaris Utama PLN Agus Dermawan Wintarto Martowardojo menegaskan bahwa PLN selalu semangat dalam mewujudkan sistem kelistrikan nasional yang mandiri, andal, dan bersih selaras dengan konsep pembangunan Green Energy.


"Kita memahami tantangan transisi energi ada di depan mata. Kita juga melihat tantangan untuk mewujudkan Net Zero Emissions yang kita harus capai di tahun 2060 dan ini semua adalah menambah tugas kita untuk mewujudkan sistem kelistrikan yang mandiri, berketahanan, dapat diandalkan, bersih, profesional dan tentu efisien dan terjangkau oleh masyarakat," ujar Agus.

 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat memimpin upacara HLN ke-78 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (27/10) menyatakan komitmennya untuk terus memberi upaya terbaiknya dalam pembangunan, pertumbuhan, dan berputarnya roda ekonomi PLN.

"Puluhan tahun negara ini ada, negara ini terus tumbuh. Dan dari waktu ke waktu jugalah, PLN menjadi jantungnya pembangunan, jantungnya pertumbuhan, jantungnya roda ekonomi dan industri nasional," kata Darmawan.


Menurut Darmawan, salah satu kunci agar PLN terus bertumbuh adalah melalui langkah transformasi. Hal itulah yang ia galakkan sejak tiga tahun masa kepemimpinannya. PLN banyak melakukan pembenahan dan akselerasi proses bisnis. 


Transformasi ini benar membuahkan hasil positif. Inovasi kelistrikan baru mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, pelaku bisnis, industri nasional serta mendorong bangkitnya perekonomian Indonesia pascapandemi Covid-19.


"Di Hari Listrik Nasional tahun ini, kita bukan hanya merayakan HLN ke-78. Tetapi menjadi lebih istimewa, karena kita merayakan juga keberhasilan tiga tahun perjuangan insan PLN menjalankan Transformasi. Itu karena kita ingin terus memastikan perusahaan yang kita cintai ini agar selalu kokoh. Selalu mampu menjadi jantungnya Indonesia," tegas Darmawan.


Darmawan menuturkan bahwa 78 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk PLN berkancah di negeri ini. Ke depannya PLN berambisi untuk menjadi perusahaan penyedia energi kelas dunia.


Perubahan iklim menjadi tantangan bagi PLN dalam memenuhi target tersebut. Saat seluruh dunia menyepakati langkah pengurangan emisi, PLN mengambil langkah agresif dan menjadi lokomotif transisi energi di Indonesia.


"PLN membangun strategi baru. Kita jalankan transisi energi bukan hanya karena aturan-aturan global. Tetapi karena kita komit, pada generasi masa depan untuk menikmati hidup yang lebih baik dari sekarang," kata Darmawan.

PLN melakukan upaya akselerasi pengembangan energi terbarukan melalui Accelerated Renewable Energy Development (ARED). Strategi ini mampu menambah porsi energi baru terbarukan (EBT) hingga 75% sampai dengan tahun 2040.


PLN juga mengembangkan Smart Grid dan Flexible Generations untuk mengatasi intermitensi pada pembangkit energi terbarukan. Dengan upaya yang dilakukan melalui ARED ini memungkinkan penambahan porsi pembangkit EBT meningkat tiga kali lipat hingga 60 Gigawatt pada tahun 2040.


“Potensi EBT yang tadinya tidak bisa kita manfaatkan, ke depan menjadi termanfaatkan. Selain itu, tentunya akan mampu membangkitkan kawasan dengan memunculkan episentrum ekonomi baru,” jelas Darmawan.


Dengan upaya-upaya tersebut, PLN tak hanya menjadi penyedia jasa listrik saja, tapi juga menjadi garda depan dalam menjamin pertumbuhan ekonomi nasional, serta menjadi motor penggerak ekonomi dunia lewat langkah strategis.


"Tujuannya satu, untuk Indonesia. Untuk Indonesia yang akan menjadi lebih kuat lagi. Dengan industri yang tumbuh. Dengan ekonomi yang bergerak. Dengan 85 juta pelanggan yang bisa menikmati listrik yang andal, dengan layanan PLN yang terbaik, yang responsif, yang memuaskan. Demi seluruh rakyat Indonesia yang bisa menikmati terang dan masa depan yang cerah," pungkas Darmawan.

LihatTutupKomentar