iklan jual beli mobil

Bikin Transaksi Pajak Meningkat, Tokopedia Dapat Penghargaan dari Pemprov Jatim

  • Tokopedia meraih gelar kanal online terbaik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor dari Pemerintah Provinsi dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur.

Suarajatim.com - Tokopedia mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai kanal online terbaik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. 


Penghargaan tersebut diserahkan bertepatan dengan peringatan HUT ke-61 Bapenda Jatim (24/11/2023). Secara simbolik penghargaan diberikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Hilmi Adrianto.


Tokopedia dinilai telah memberikan kontribusi nominal dan jumlah transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor yang tinggi di Jawa Timur. Melalui fitur E-Samsat, masyarakat jadi lebih mudah dalam membayar pajak kendaraan bermotor secara online.


“Pajak adalah instrumen penting bagi pembangunan sebuah negara. Maka kami mengapresiasi Tokopedia yang telah menyediakan layanan online sehingga warga Jatim  lebih mudah dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Bersama-sama kita tingkatkan penerimaan daerah dan berkontribusi pada pembangunan nasional," kata Khofifah.


Fitur E-Samsat Tokopedia mulai diperkenalkan pada tahun 2019. Kemudahan dan keefektivitasannya membuat transaksi pengguna terus bertambah dari waktu ke waktu. 


“Transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur melalui Tokopedia meningkat hampir 1,5 kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan 2022. Artinya, animo masyarakat dalam menunaikan kewajiban perpajakan makin tinggi. Kami mengapresiasi kepercayaan warga Jatim yang bersedia membayar pajak kendaraan bermotor lewat Tokopedia. Kepercayaan tersebut membawa kami mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai kanal online terbaik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor," kata Hilmi Adrianto.


Hilmi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur atas penghargaan kepada Tokopedia.


"Penghargaan ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus mempermudah masyarakat mengakses layanan publik lewat pemanfaatan teknologi,” pungkas Hilmi. 


Fitur E-Samsat dapat diakses melalui menu Loket Pajak Tokopedia dengan cara berikut:

  1. Ketik ‘Loket Pajak Tokopedia’ di kolom pencarian aplikasi atau situs Tokopedia,
  2. Pilih ‘E-Samsat’
  3. Pilih wilayah, masukkan kode bayar, dan klik ‘Cek Tagihan’
  4. Pilih metode pembayaran sesuai preferensi lalu lakukan pembayaran sesuai metode pilihan


Saat pembayaran berhasil, pengguna akan langsung mendapat bukti melalui email yang dapat digunakan sebagai salah satu dokumen pelengkap pada proses pengesahan STNK. 


Hingga 28 Desember 2023, Tokopedia mengadakan cashback pembayaran pajak kendaraan bermotor khusus wilayah Jawa Timur. Caranya dengan memasukkan kode promo PKBJATIM.

LihatTutupKomentar