iklan jual beli mobil

Jokowi Puji Prabowo di Rakernas LDII, Pengamat: Itu Jelas Dukungan

  • Aksi saling memuji antara Jokowi dan Prabowo terus diperlihatkan. Kali ini di Rakernas LDII 2023, Presiden melontarkan pujian yang oleh pengamat dinilai sebagai sebuah bukti dukungan Jokowi di Pilpres 2024.

Jakarta, Suarajatim.com - Presiden Joko Widodo menghadiri Rakernas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2023 di Grand Ballroom Minhaajurrosyidiin, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (7/11). Ia didampingi oleh Menteri Pertahanan sekaligus salah satu kandidat Capres, Prabowo Subianto.


Dalam sambutannya, Jokowi membahas soal kepemimpinan yang kuat. Ia memuji atraksi pencak silat yang ditampilkan pada pembukaan acara tersebut. Menurutnya, aksi silat itu tak lepas dari peran Prabowo sebagai orang nomor satu di Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI).


"Dibutuhkan kepemimpinan yang kuat. Tadi yang ditampilkan pencak silat tadi bener. Karena ketua-nya Pak Prabowo. Sekjen-nya Pak Teddy. LDII kalau begini pinter-pinter banget. Memberi simbol-simbol gitu loh," kata Jokowi disambut riuh tawa penonton.


Pujian tersebut dinilai memiliki makna tersembunyi. Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai bahwa apa yang diucapkan Jokowi adalah bentuk dukungannya kepada Prabowo yang akan berkompetisi pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Ujang, Jokowi yang merupakan orang Jawa tulen suka menyampaikan pesan lewat simbol.


"Itu jelas merupakan dukungan, Presiden membicarakan calon pemimpin yang kuat lalu memuji acara pencak silat dan kemudian menyebut Prabowo," katanya


Ujang menambahkan bahwa dukungan Jokowi murni karena Prabowo memiliki kapabilitas untuk melanjutkan pemerintahan. Bukan karena adanya sang putra Gibran Rakabuming Raka di posisi cawapres.


Masih menurut Ujang, pernyataan Presiden soal pemimpin yang kuat mengacu pada kuat secara elektabilitas serta kuat dukungan dari masyarakat dan partai politik.


Pada Rakernas LDII tersebut, Prabowo memberikan pembekalan terkait pengembangan sumber daya manusia menuju Indonesia Emas 2045. Ia menebar optimisme bahwa tak lama lagi Indonesia akan sampai pada masa kejayaan.

"Indonesia ini tidak lama lagi akan jadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di bumi," ujarnya.


Prabowo juga mengungkapkan adanya suasana kebatinan yag ia rasakan saat menghadiri kegiatan tersebut.


"Saya melihat wajah sahabat lama, saya merasakan getaran semanga saudara sekalian. LDII ini pintar-pintar orangnya. Saya lihat expo tadi sampai terkagum-kagum," katanya.


Rakernas LDII sendiri diikuti 11.000 pengurus LDII seluruh Indonesia selama 3 hari dari Selasa (7/11/2023) hingga Kamis (9/11/2023). Peserta yang hadir terbagi dari online dan, offline sebanyak 1.037, 500 studio mini, setiap studio mini diikuti 20 orang.

LihatTutupKomentar