iklan jual beli mobil

Sampaikan Strategi Ekonomi Hingga Belanja Sparepart, Ini Aksi Ganjar di Rakernas LDII 2023

  • Ganjar Pranowo Jadi sorotan saat menghadiri Rakernas LDII 2023. Ia menyampaikan materi soal strategi mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan mengunjungi pameran program binaan LDII.

Suarajatim.com - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menghadiri acara Rakernas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2023 di Grand Ballroom Minhaajurrosyidiin, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (8/11). Ia didapuk untuk memberi pembekalan materi dengan tema  "Konsep dan Strategi Mewujudka Visi Indonesia Emas 2045".


Dalam materi yang disampaikannya dengan suasana santai, Ganjar menyinggung soal ekonomi hijau dan lingkungan hijau hingga pasar konsumen halal Indonesia.


Menurutnya pemerataan pembangunan ekonomi perlu didorong lebih keras agar ketimpangannya semakin kecil. 


"SDM kita mesti siap, itu betul, pemerataan pembangunan ekonomi ini mesti mendorong. Ekonomi hijau juga harus didorong, anak cucu kita membutuhkan lingkungan yang baik," katanya.


Ia juga membahas ironi yang terjadi, di mana Indonesia menempati posisi pertama pasar konsumen halal terbesar di dunia, namun juara ekspor pangan halal malah dipegang oleh Brazil. 


"Untuk meningkatkan ekspor, Indonesia harusnya bisa memproduksi jauh lebih banyak lagi. Misalnya dengan menggerakkan UMKM," katanya.


Apa yang disampaikan Ganjar, diamini oleh Ketua Umum DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Chriswanto Santoso. Menurutnya hal tersebut sejalan dengan visi LDII yang fokus pada kebangsaan, keagamaan, pendidikan, kesehatan, teknologi digital, ekonomi syariah, kedaulatan pangan dan lingkungan hidup, serta energi baru terbarukan.


"Indonesia Emas 2045 tidak akan terwujud jika kita tidak menyiapkan generasinya," kata Chriswanto.

Selepas menyampaikan materi, Ganjar mengunjungi LDII Expo 2023, yakni pameran 8 bidang pengabdian LDII untuk bangsa yang berisi berbagai bidang usaha seperti pakaian, kuliner, pertanian, teknologi, serta program-program binaan LDII lainnya.


Terlihat Ganjar menyambangi booth pakaian karya Callista, siswi Generus Nusantara Boarding School. Ia juga mencoba menaiki mobil listrik karya SMK Budi Utomo. 

Ganjar juga terlihat membeli sparepart ventilator karya salah satu warga LDII. Kunjungan pun diakhiri dengan menyapa warga sekitar yang mengerumuni lokasi acara.


Rakernas LDII sendiri diikuti 11.000 pengurus LDII seluruh Indonesia selama 3 hari dari Selasa (7/11/2023) hingga Kamis (9/11/2023). Peserta yang hadir terbagi dari online dan, offline sebanyak 1.037, 500 studio mini, setiap studio mini diikuti 20 orang.

LihatTutupKomentar