iklan jual beli mobil

Dirut PLN Darmawan Prasodjo Raih The Best Industry Marketing Champion 2023

  • Penghargaan Marketeer of The Year 2023 digelar di MCorp Jakarta pada Kamis (7/12). Direktur Utama PT PLN (Persero) dinobatkan sebagai The Best Industry Marketing Champion 2023.

Jakarta, Suarajatim.com - Marketeer of The Year 2023 mencatatkan nama Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PT PLN (Persero) sebagai The Best Industry Marketing Champion 2023 pada sektor Infrastruktur & Utilities.


Penghargaan tersebut diberikan karena Darmawan dinilai memiliki performa luar biasa dalam membawa PLN terus berinovasi dan bertranformasi digital sehingga mencetak kinerja terbaik sepanjang sejarah.


Acara yang diprakasai oleh MarkPlus dan Indonesia Marketing Association (IMA) tersebut memang fokus memberikan penghargaan pada sosok yang dinilai terbaik di bidangnya dan mampu memberi dampak langsung terhadap masyarakat.


"Kami memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh pemasaran yang prestisius dan dihormati di Indonesia yang telah menunjukkan semangat pemasaran yang patut dicontoh sekaligus memberikan dampak yang signifikan baik terhadap kinerja bisnis perusahaannya maupun masyarakat luas, melalui Industry Marketing Champion," kata Hermawan Kartajaya sekaligus Dewan Juri, dalam acara penghargaan  Pendiri dan Ketua Mcorp.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa penghargaan tersebut adalah buah manis dari transformasi bisnis dari hulu ke hilir yang diterapkan PLN dalam 3 tahun terakhir. 


Transformasi digital dilakukan mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem perencanaan, sistem keuangan, sistem pembayaran, sistem pengadaan, hingga ke sistem pelayanan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile.


"Kami terus melakukan upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, salah satunya melalui aplikasi PLN Mobile. Dalam hal pemasaran dan penjualan produk kami, dalam aplikasi ini kami sediakan seluruh layanan kami untuk dapat di manfaatkan oleh pelanggan," kata Darmawan.


Menurut Darmawan, transformasi digital telah mengubah paradigma dan cara kerja di PLN menjadi lebih responsif dan produktif. Sehingga proses bisnis yang tadinya berbelit-belit bisa dipangkas jadi ringkas dan cepat.


"Hasilnya, pendapatan PLN meningkat, efisiensi operasional dan keuangan yang luar biasa terjadi selama dua tahun berturut-turut," ujar Darmawan.


Darmawan menuturkan, bahwa jumlah pelanggan PLN meningkat hingga 3 juta pelanggan per November 2023. Di mana sebelumnya tercatat 85,6 juta pelanggan kini naik jadi 88,8 juta.


"Jumlah pengguna aplikasi PLN Mobile juga meningkat drastis. Dari 500 ribu jadi lebih dari 73,9 juta. Rating aplikasi juga melonjak dari 2,5 menjadi 4,9, dari skala 5. Ini menunjukkan penerimaan positif dari para pengguna," ujar Darmawan.

Darmawan tak menampik, prestasi yang ia raih tak lepas dari kerja keras seluruh insan PLN di penjuru Tanah Air dan juga dukungan dari pemerintah. Oleh karenanya, ia mempersembahkan penghargaan tersebut kepada seluruh insan PLN yang telah bekerja keras.


“Penghargaan ini tak lepas dari arahan Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Bapak Erick Thohir yang terus mendukung dan mendorong PLN untuk terus bertransformasi. Peran aktif dari kementerian terkait lainnya juga menjadi pemecut semangat kami dalam bekerja keras untuk membuat PLN semakin membaik,” tutup Darmawan.

LihatTutupKomentar