iklan jual beli mobil

Intip Keseruan PLN Electric Run 2023, Ada Maliq and D’essentials

  • PLN mengemas kampanye ramah lingkungan dengan ajang lari nasional bertajuk PLN Electric Run 2023 dengan tema 'Running the New Spirit'.

Tangerang, Suarajatim.com - Sebanyak 5.000 pelari memeriahkan PLN Electric Run 2023 di Scientia Square Park, Serpong, Tangerang pada Minggu (10/12).


Event lari nasional ini sekaligus menjadi ajang bagi PLN untuk mengampanyekan spirit ramah lingkungan. Kegiatan ini dinilai berhasil menyumbang pengurangan emisi karbon sebanyak 11.880 kilogram CO2.


Flag off dilakukan dari titik start-finish Race Village PLN Electric Run 2023, secara bertahap sesuai kategori jarak mulai pukul 05.00 WIB.

Peserta dilepas oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Wakil Komisaris Utama PLN Suahasil Nazara, serta jajaran Komisaris dan Direksi PLN. 


"Acara ini menjadi ajang bagi PLN untuk mengajak masyarakat menjaga lingkungan dan memitigasi dampak perubahan iklim. Salah satunya dengan berlari. Karena dengan teman-teman berlari ini nanti akan ada pengurangan emisi gas rumah kaca dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM. Kita lakukan ini untuk memastikan generasi yang mendatang lebih baik dari generasi saat ini," papar Darmawan.


Kendaraan berbasis BBM menghasilkan emisi 2,4 kg CO2 per 10 kilometer. Maka dengan kata lain, dengan total jarak yang ditempuh dan diikuti 5.000 pelari ini mampu mengurangi emisi sekitar 11.880 kg CO2.


Selain untuk mengurangi emisi, PLN juga menjadikan event ini sebagai ajang berbagi kepada masyarakat pra sejahtera. PLN mengkonversi jarak lari dan penghematan BBM yang dikumpulkan pelari menjadi biaya bantuan penyambungan listrik baru bagi masyarakat pra sejahtera.


"Jadi dapat dua sekaligus, konsep ramah lingkungan untuk menekan emisi karbon, juga untuk berbagi berupa biaya sambungan listrik untuk masyarakat pra sejahtera. Bisa dibayangkan, berapa emisi yang bisa kita hindari jika kita melakukan mobilitas dengan berlari. Kami bersyukur, event ini disambut baik oleh para pecinta olahraga lari," ujar Darmawan.


Darmawan juga berterima kasih atas antusiasme seluruh peserta PLN Electric Run 2023.


"Hanya dalam dua hari semua tiket sudah sold out. Artinya apa? Ada kekompakan bagi PLN didukung oleh seluruh komunitas agar kita bisa mengurangi emisi gas rumah kaca dan bisa mendinginkan bumi, itu adalah tagline dari PLN Electric Run 2023," ujar Darmawan.


Darmawan melanjutkan, PLN Electric Run 2023 juga menjadi salah satu wadah dan penyemangat untuk para atlet-atlet Indonesia yang mengukir prestasi di kancah nasional hingga global. Event lari ini terbagi menjadi tiga kategori yaitu 5K, 10K, dan Half Marathon.


"Ini adalah spirit yang baru, tentu saja ini adalah awal yang baik PLN Electric Run 2023 akan diikuti PLN Electric Run 2024, 2025 dan tentu saja skalanya akan menjadi lebih besar lagi," ujarnya.

Para peserta lari disuguhkan dengan beragam hadiah menarik total Rp 850 juta. Rikki Marthin Simbolon berhasil memenangkan juara 1 kategori Male Nasional Half Marathon, sedangkan Odekta Elvina Naibaho meraih juara 1 kategori Female Nasional Half Marathon.


Sementara pada kategori 10 kilometer, Syamsuddin Massa mengisi juara Male Nasional, sedangkan Asnida Aras juara di kategori Female Nasional. 


Untuk kategori 5 kilometer, Immanuel P. Hutasoit keluar menjadi juara Male Nasional, dan Novita Andriyani menjadi juara Female Nasional. 

PLN juga menyiapkan lucky draw berhadiah 1 unit mobil listrik, 1 unit sepeda listrik, dan berbagai hadiah menarik lainnya.


Musisi papan atas Maliq & D’essentials juga turut menghibur para pelari maupun hadirin yang berada di race village sekaligus menjadi persembahan penutup dari acara PLN Electric Run 2023.

LihatTutupKomentar