iklan jual beli mobil

Praktik Kelola Limbah Bengkel Cat Auto2000 Malang Dukung Kelestarian Lingkungan

pengelolaan limbah bengkel cat

Otojatim.com - Auto2000, sebagai bagian dari upaya mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), terus berkomitmen untuk menjaga kualitas lingkungan hidup melalui pelayanan Body & Paint (BP) di Auto2000 BP Center Malang Raya.

Berlokasi di Jl. Dr. Cipto No.150 Singosari Malang, Auto2000 BP Center Malang Raya, dengan luas tanah 11.344 m2 dan bangunan 6.162 m2, menawarkan pelayanan perbaikan bodi dan pengecatan mobil Toyota dengan fasilitas mutakhir.

Sebagai lokasi strategis di jalan utama antara Malang dan Surabaya, bengkel ini mendukung kebutuhan fasilitas perbaikan bodi mobil Toyota di sekitar Malang.

Menurut Buddy Sukmawan, Kepala Bengkel Auto2000 BP Center Malang Raya, bengkel selalu melakukan pengukuran limbah udara secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa limbah yang dihasilkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Analisis gas buang, perawatan combi booth, penggantian filter secara berkala, sirkulasi udara yang memadai, dan pembersihan area pengecatan merupakan beberapa langkah yang diambil untuk mencapai hal ini.

limbah cat auto2000

Buddy Sukmawan juga menjelaskan bahwa limbah cair dari proses pengecatan bodi kendaraan, seperti cairan thinner bekas pencucian spray gun, dikelola dengan baik. Cairan tersebut dikumpulkan dalam drum, kemudian dipisahkan sehingga thinner dapat digunakan kembali untuk membersihkan combi booth, sementara endapan diolah kembali menjadi thinner siap pakai. Langkah ini diambil untuk menciptakan zero waste cairan thinner, menjaga kebersihan lingkungan sekitar bengkel.

Proses tata kelola limbah yang baik juga diterapkan pada limbah pendempulan, yang dialirkan melalui saluran khusus IPAL. Dempul yang menggumpal disimpan dalam dempul trap dan diangkut ke perusahaan pengelola limbah. Airnya melalui proses filtrasi di IPAL sehingga air yang dibuang ke saluran umum bersih dan tidak mencemari lingkungan.

Limbah majun (kain perca) khususnya untuk pembersihan oli/thinner juga dikelola dengan baik dan diangkut ke perusahaan pengelola limbah.

Dengan langkah-langkah ini, Auto2000 BP Center Malang Raya tidak hanya mematuhi aturan pemerintah terkait pengelolaan limbah, tetapi juga berkontribusi secara nyata dalam mengurangi dampak negatif operasional bengkel terhadap lingkungan.

Buddy menyampaikan, "AutoFamily tidak perlu khawatir datang ke workshop kami karena kami berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan."

LihatTutupKomentar