iklan jual beli mobil

Penerapan Gaya Hidup Berkelanjutan di PLN Mendapat Respons Positif dari Berbagai Pihak

gaya hidup pln
Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Novrizal Tahar menyatakan, PLN memiliki peran penting dalam pengelolaan sampah di Indonesia.

Suarajatim.com - Inisiatif PT PLN (Persero) untuk menggalakkan gaya hidup berkelanjutan telah menerima respons yang menggembirakan dari berbagai pihak. Dukungan luas ini disampaikan dalam sebuah Diskusi Panel yang diadakan dalam rangka peringatan Hari Bumi 2024 di Jakarta pada Rabu (8/5).


Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menegaskan bahwa PLN memiliki peran kunci dalam mengelola sampah di Indonesia. Dia menyatakan apresiasinya terhadap program PLN dalam mengolah sampah menjadi energi listrik, sebagai upaya konkret untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Sangat penting untuk mendorong pengolahan sampah menjadi listrik karena ini merupakan tindakan mitigasi yang signifikan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca," ungkap Novrizal.

Rustiawan Anis, Pendiri AmbikA Institute, menyampaikan pandangannya bahwa banyak sektor membutuhkan program offset untuk mengurangi emisi. Dia melihat pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dilakukan PLN sebagai peluang dalam pasar kompensasi emisi karbon.

"PLN telah menunjukkan komitmennya dalam melakukan inventarisasi dua tahun lalu, dan sekarang fokus pada pengelolaan dan offseting secara bertahap," ujar Rustiawan.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa transformasi yang dilakukan perusahaan secara menyeluruh untuk menjawab tantangan masa depan. Menurutnya, PLN berhasil membangun kompetensi baru dan keterampilan teknis untuk menjadi lebih relevan dan berorientasi ke masa depan.

"PLN bukan hanya berusaha menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional," kata Darmawan.

Dalam rangka Hari Bumi 2024, PLN bertekad untuk mengubah tantangan menjadi peluang demi menciptakan pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan energi yang berkelanjutan dan terjangkau.

Chipta Perdana, Direktur Bisnis Terkait Listrik PLN Icon Plus, menjelaskan bahwa gaya hidup berkelanjutan juga tercermin melalui akselerasi ekosistem kendaraan listrik. Dia menyebutkan upaya PLN Group dalam menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara massal di seluruh Indonesia.

"Saat ini, kami juga telah menghadirkan fitur khusus layanan kendaraan listrik di aplikasi PLN Mobile, sehingga semua kebutuhan infrastruktur terkait kendaraan listrik tersedia dalam satu aplikasi," tambah Chipta.(*)

 

Baca utas PLN dari Google News

LihatTutupKomentar