PLN Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Bersih-bersih Pantai Kenjeran

  • PLN menggaet sejumlah penggiat lingkungan, dan volunteer PLN UIT JBM untuk membersihkan pesisir Pantai Kenjeran di Hari Lingkungan Hidup Sedunia.


Surabaya, Suarajatim.com - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2024, PLN Unit Induk Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) menggelar aksi bersih-bersih pesisir Pantai Kenjeran.

Kegiatan ini dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Bertajuk Green Employee Involvement, kegiatan bersih pantai yang dilakukan di pantai Kenjeran ini dilaksanakan oleh pegawai PLN UIT JBM serta UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Surabaya bersama dengan penggiat lingkungan, komunitas Bank Sampah yang dihadiri agent of waste bank dari wilayah sekitar juga pelajar, serta Dinas Lingkungan Hidup Surabaya," kata Amiruddin selaku General Manager PLN UIT JBM.

Ia melanjutkan bahwa Employee Volunteer Program Gerakan Bersih Pantai di Pantai Kenjeran ini adalah wujud tanggung jawab sosial lingkungan dari korporasi pada pekerjaan di areal Suramadu.

“PLN berkomitmen terus memastikan keandalan sistem transmisi untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan, saat ini UPT Surabaya terus memastikan keandalan pasokan kelistrikan untuk Madura di areal Suramadu. Selain itu, kegiatan bersih pantai bekerja sama dengan Bank Sampah sejalan dengan program Pemerintah dalam pencapaian Sustainable  Development Goals (SDGs) atau dapat diartikan sebagai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada point 12 yaitu Konsumsi dan Produksi yang bertanggungjawab pada pengolahan sampah," papar Amiruddin.


Pada aksi tersebut, dilakukan pemisahan sampah organik dan organik dengan arahan dari Bank Sampah.

“Sejumlah kurang lebih setengah ton sampah organik dan anorganik berhasil dibersihkan di sepanjang pesisir pantai Kenjeran. Sampah ini akan diolah menjadi produk-produk yang memiliki nilai ekonomis, sehingga selain membersihkan lingkungan, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar," ungkap Amiruddin.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pemberdayaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Much Rokhim, ST, menyampaikan apresiasinya pada PLN yang telah membantu membersihkan pantai ikon Surabaya itu.

“Harapannya masyarakat sekitar Pantai Kenjeran dapat melihat dan membuat warga lebih sadar untuk senantiasa menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya serta mulai memilah jenis sampah. Termasuk juga dapat aktif membersihkan pantai dari sampah yang berada di pesisir pantai,” katanya.

Kegiatan ini nerupakan bukti nyata bagaimana kerja sama antara perusahaan, lembaga sosial, dan masyarakat dapat menciptakan perubahan positif bagi lingkungan kita.
LihatTutupKomentar