PLN Ganti Isolator Korosi Demi Pastikan Warga Jatim dan Bali Rayakan Idul Adha dengan Lancar

  • PLN melakukan penggantian isolator korosi di Gardu Induk Sekarputih demi pastikan tak ada kendala listrik pada perayaan Idul Adha mendatang.


Suarajatim.com - Demi memastikan Hari Raya Idul Adha 1445 H di wilayah Jawa Timur hingga Bali berjalan lancar tanpa hambatan kelistrikan, PLN UIT JBM melakukan assesmen rutin.

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin, mengatakan bahwa assesmen rutin dilakukan sebagai langkah preventif dalam menjaga keandalan kelistrikan. Pekerjaan dilakukan dalam keadaan sistem bertegangan, atau dengan kata lain tidak ada pemadaman listrik selama proses assesment.

Ia melanjutkan, tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) telah mengganti 10 keping isolator korosi dalam kondisi sistem tetap online, sehingga tidak mengganggu aktivitas warga di akhir pekan (8/6).

“UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Malang menemukan anomali pada isolator suspension karena korosi di di Gardu Induk (GI) 150kV Sekarputih. Isolator yang korosi ini berpotensi mengalami overheat dan terputus, dan berdampak serius pada keandalan pasokan listrik. Sehingga dari assesmen rutin inilah dapat diambil langkah cepat yang harus dilakukan," kata Amiruddin.


GI Sekarputih menyalurkan listrik pada pelanggan di wilayah Kota Mojokerjo, Kab. Mojokerto, Kab. Jombang dan sebagian Kab. Sidoarjo.

“PLN mengajak seluruh masyarakat juga memastikan tidak melakukan aktivitas yang membahayakan diri sendiri dan jaringan tower transmisi, dengan tidak bermain layang-layang atau menerbangkan balon udara yang berpotensi besar membahayakan sistem keandalan transmisi. Warga juga bisa melaporkan jika melihat aktivitas membahayakan yang terlihat pada jaringan transmisi melalui aplikasi PLN Mobile," kata Amiruddin.
LihatTutupKomentar