Video: Toko Masa Depan; Tanpa Kasir. Ambil Barang Terus Scan Barcode via HP, Saldo Berkurang

toko tanpa kasir
Ambil, scan untuk membayar.Foto:istimewa

Tak hanya toko online, toko offline pun dirasuki virus perkembangan teknologi. Di Swedia ada sebuah toko yang berbeda dengan toko lainnya karena tak ada kasir manusia di sana. Gak perlu repot antri kan?

Ilijason, seorang ahli IT membuka toko yang buka 24 jam tanpa memiliki kasir. Para pengunjung cukup menggunakan telepon seluler untuk membuka pintu dengan mengayunkan jari atau memindai barang yang dipilihnya. Mereka yang berbelanja di toko tersebut perlu untuk mendaftar terlebih dahulu dengan mengunduh sebuah aplikasi. Kemudian nantinya harus membayar melalui tagihan bulanan.

Baca juga: Kompetisi Debat Bahasa Inggris untuk Pengembangan Diri 

Toko tersebut memiliki produk kebutuhan dasar seperti susu, roti, gula, makanan kaleng, popok, dan lainnya. Namun tak ada rokok atau obat karena berisiko untuk dicuri. Alkohol juga tidak dapat dijual di toko biasa di Swedia.

“Ambisiku adalah untuk menyebarkan ide ini ke daerah dan kota kecil lainnya,” kata Ilijason. “Ini luar biasa bahwa tidak ada yang pernah berpikir tentang ini sebelumnya.”

Tantangan terbesar yaitu untuk menarik para penduduk tua di daerah tersebut. Sebenarnya mereka menyambut baik adanya toko tersebut, namun masalah teknologi kadang menjadi hambatan bagi penduduk berusia lanjut.

Ilijason kemudian mempertimbangkan cara lain untuk membuka kunci pintu tanpa aplikasi, misalnya dengan pengenalan wajah atau memindai sidik jari. Penjaga manusia juga masih diperlukan untuk waktu tertentu sehingga dapat membantu pelanggan yang belum terbiasa dengan teknologi modern.

Selengkapnya bisa Anda saksikan dalam video berikut:

Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Suarajatim.com adalah portal berita yang memfokuskan sentra informasi tentang Jawa Timur dengan tidak menghilangkan topik-topik terhangat di lintasan nasional.

0 comments:

Posting Komentar

close
Iklan Sticky