iklan jual beli mobil

Pria Lebih Pandai Matematika Daripada Wanita, Benarkah? Ini Dia 11 Perbedaan Cara Berpikir Mereka.

Cara berpikir lawan jenis yang berbeda membutuhkan respon yang berbeda pula.

Pria dan wanita adalah dua makhluk yang sangat berbeda terutama dari cara mereka berpikir dan memandang sesuatu. Idiom tersebut sudah lama diakui sebagai sebuah kebenaran meskipun tidak mutlak. 

Pria adalah makhluk berpikir dan wanita adalah makhluk perasaan, seperti sudah dianggap sebagai sebuah kepastian. Men are from Mars, women are from Venus, kalimat tersebut pastinya sudah sering kita dengar dan lagi-lagi menunjukkan bahwa pria dan wanita itu adalah makhluk yang sangat berbeda.

Tetapi tentunya tanpa penelitian dan bukti yang kuat kita tidak bisa percaya begitu saja dengan stereotip yang ada di dalam masyarakat termasuk soal perbedaan pria dan wanita. Terdapat sebuah teori dari sisi biologis yang bisa menguatkan pendapat bahwa pria dan wanita memang sangat berbeda.

Penelitan menemukan fakta bahwa ternyata dilihat dari hasil scan terhadap otak, wanita cenderung menggunakan kedua bagian otaknya karena wanita memiliki corpus callusum (otak tengah) yang lebih luas.

Sedangkan pria cenderung menggunakan otak kirinya dimana otak kiri ini berperan untuk berpikir logis dan rasional. Itulah mengapa pria disebut-sebut lebih sering menggunakan logika dan rasio daripada emosi dan perasaannya dibandingkan dengan wanita. Ini mengungkap alasan dibalik kalimat bahwa pria adalah makhluk yang cenderung menggunakan pikirannya dalam menghadapi sesuatu.

Selain hal-hal tersebut diatas, ada 11 cara berpikir dan bertindak yang membuat pria dan wanita menjadi makhluk yang benar-benar memiliki perbedaan. Simak di bawah ini;

1. Persepsi

Wanita memiliki ukuran otak yang lebih kecil, lebih erat dalam hal koneksi. Ini  membuat wanita akan lebih cenderung melihat sesuatu dari situasi yang terjadi dan apa yang dilihat saat itu, kemudian dibentuk sebagai persepsi yang biasanya cenderung diyakini sebagai sebuah kebenaran.
Sedangkan cara kerja otak pria lebih cenderung mempersepsikan sesuatu berdasarkan ruang dan waktu (spasial) serta mengikuti sebuah pola tertentu dalam memecahkan sebuah permasalahan.

2. Cara Berpikir

Para wanita akan lebih mampu menghadapi dan menyelesaikan beberapa persoalan dalam waktu yang bersamaan sedangkan pria hanya bisa menyelesaikan dan menghadapi permasalahan satu persatu saja. Hal ini mungkin disebabkan oleh system pola asuh dimana pria hanya diajarkan untuk fokus pada satu tugas sedangkan wanita dipaksa untuk bisa menghadapi beberapa tugas secara bersamaan.

3. Interaksi Sosial

Wanita memiliki kemampuan lebih baik dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain dalam lingkungannya dibandingkan dengan pria. Wanita lebih luwes dalam bergaul sehingga biasanya akan memiliki lebih banyak teman dibandingkan dengan kaum pria.

4. Menyikapi Emosi

Wanita memiliki system limbik yang lebih luas dalam otaknya, dimana salah satu fungsi system limbik adalah mengatur dan mendukung fungsi emosi sehingga tidaklah heran jika wanita lebih emosional dibandingkan dengan pria. Sedangkan kaum pria akan lebih cenderung menggunakan logikanya, lebih mampu menahan emosinya dan tidak mudah mengungkapkan emosinya secara verbal. 

5. Mengerjakan Matematika

Otak pria memiliki bagian lobus parietal yang lebih luas daripada otak pada wanita. Lobus parietal merupakan bagian otak yang berperan dalam kemampuan matematika dan logika sehingga tidaklah mengherankan jika pria cenderung lebih pandai di dalam matematika dibandingkan dengan wanita. 

6. Menghadapi Rasa Sakit

Bagian otak manusia yang disebut dengan amigdala merupakan bagian yang bertanggungjawab atas rasa sakit pada manusia. Rasa sakit ini aktif di kedua sisi belahan otak, pria di bagian kanan dan wanita di bagian kiri. Bagian kanan lebih dipengaruhi oleh stimulus eksternal (hal-hal yang berasal dari luar dirinya) sedangkan bagian kiri lebih dipengaruhi oleh stimulus internal sehingga wanita lebih sering merasa sedih karena hampir semua hal yang dialami bisa menyebabkan emosinya lebih labil. 

7. Mempelajari Bahasa

Wanita lebih mudah dan lebih baik dalam mempelajari bahasa dan suara, lebih mudah mengingat apa yang dia dengar dan lebih pandai mengeluarkan ekspresi dan emosinya dalam bentuk verbal.

8. Mengingat Sesuatu

Wanita lebih baik dalam mengingat sesuatu seperti nama, wajah dan kejadian karena aktivitas hipokampus dalam otak yang lebih aktif daripada pria. Hipokampus adalah bagian otak yang berperan dalam prsoes mengingat dan navigasi ruangan. Itulah kenapa kita sering kali mendengar idiom bahwa wanita selalu ingat janji yang diberikan kepadanya. 

9. Mengingat Arah Dan Tempat

Diatas sudah dikatakan bahwa pria cenderung lebih baik dalam mengingat sesuatu berdasarkan ruang dan tempat sehingga pria juga akan lebih baik dalam hal mengingat sesuatu secara geografis. Mereka lebih mudah menemukan arah dan tempat tanpa harus menggunakan bantuan penunjuk arah seperti kompas dan peta.

10. Mengambil Resiko

Secara naluriah pria memiliki sifat pemburu sehingga mereka akan lebih berani mengambil resiko terhadap sesuatu. Ketika seorang pria merasa bahwa terdapat tantangan yang harus dihadapi maka saat itulah kelenjar endorphin akan lebih aktif sehingga dia akan merasa lebih senang. 

11. Melihat Lawan Jenis

Pria merupakan makhluk visual dimana dia akan lebih tertarik terhadap sesuatu yang terlihat indah di matanya. Tidak heran jika pria akan lebih tertarik dan memilih lawan jenis berdasarkan pada fisiknya. Sedangkan cara wanita tertarik pada lawan jenisnya bukan hanya berdasarkan pada fisiknya semata tetapi juga dengan mepertimbangkan dan melihat hal lainnya seperti sifat, cita-cita bahkan aroma badannya.
LihatTutupKomentar