-->

Angkat Tema Pengolahan Pupuk Organik dari Limbah, Rafi Juara AHMBS Regional 2020

Juara AHMBS 2020
Rafi, siswa SMKN I Singosari

Sidoarjo - Ajang AHM Best Student 2020 tingkat regional Jatim telah selesai diselenggarakan oleh MPM Honda pada Selasa (29/9/2020). Rafi Ramdhani finalis asal SMKN 1 Singosari keluar sebagai Juara Terbaik 1.


Rafi mengatakan dirinya tak menyangka bisa menjadi juara kategori Terbaik 1.

"Para peserta semuanya membawa ide yang hebat-hebat, untuk itu saya yang mewakili SMKN Singosari 1 tak menyangka bisa jadi juara," kata Rafi, Rabu (30/9/2020).

Baca: Penjurian Regional AHM Best Students 2020 Dilakukan Secara Virtual

Perjalanan menjadi pemenang di event kali ini, Rafi membawa karya kreatif pemanfaatan maggot untuk menghasilkan pupuk organik.

Rafi mengatakan untuk judul makalahnya adalah "KUMAT (Vertikultur Maggot ) Berbasis Koperasi dan Kelestarian Lingkungan Sebagai Upaya Ketahanan Pangan ERA NEW NORMAL di SMKN 1 SINGOSARI".

Menurut Rafi, latar belakang ide ini karena dirinya masyarakat di sekitarnya menjadi semakin kesulitan dalam ekonomi sejak adanya pandemi Covid 19.

Melihat kondisi itu, menurut Rafi, salah satu cara yang paling mudah dalam mempertahankan strategi ketahanan ekonomi masyarakat di tengah pandemi dengan cara pengolahan sampah yang menghasilkan pupuk organik.
juara 1 ahmbs 2020
"Berkaca dari hal itu serta sebagaimana data sampah kubis di Pabrik Palcom Indonesia yang letaknya di sebelah sekolah, yang dimana mampu menghasilkan sampah satu ton sampah kubis tiap harinya. Maka hal inilah yang menjadi landasan pemikiran kami untuk mengembangkan judul “KUMAT (Vertikultur Maggot) berbasis kelestarian Lingkungan dan koperasi sebagai upaya ketahanan pangan New Normal di SMKN 1 Singosari," jelasnya.

Untuk mewujudkannya, siswa SMKN 1 Singosari ini memanfaatkan limbah kubis untuk dijadikan sebagai pupuk organik dengan memanfaatkan maggot (belatung) sebagai pengurai penghasil Kasgot.

Ke depan, Rafi sebagai juara regional akan bertarung di tingkat Nasional AHMBS di Jakarta. Atas jerih payahnya ini, MPM Honda Jatim selaku penyelenggara memberikan hadiah uang tunai dan mentoring makalah dan presentasi agar tampil lebih baik. 


LihatTutupKomentar