Psikolog: Buku Warna-warni Masih Menjadi Media Pembelajaran Utama PAUD

Buku belajar PAUD
Buku belajar PAUD

Suara Jatim - Penerapan belajar di rumah bagi banyak sekolah merupakan salah satu cara pencegahan dalam penyebaran virus Corona yang semakin melonjak belakangan ini. Proses belajar dari rumah ini tak hanya diterapkan di sekolah dasar atau sekolah menengah saja, melainkan juga di tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD).


Hal itu dikatakan oleh Wikan Putri, M.Psi sebagai seorang psikolog pendidikan akan menyampaikan materi mengenai “Menciptakan Lingkungan yang Nyaman Saat Belajar Di Rumah”.

Meskipun belajar di rumah dilakukan secara jarak jauh, orang tua dan guru diminta untuk secara aktif bermain bersama anak agar mereka dapat belajar menjadi individu yang kreatif.

Baca: Christian Sugiono Ramaikan Erlangga Talent Week 2019. Lomba Akbar 15.000 Peserta

Sebagai contoh, menggambar dan mewarnai merupakan aktivitas ringan yang dapat dilakukan pada saat belajar di rumah dalam meningkatkan sisi kreatif anak. Lebih jauh lagi, kegiatan ini dapat membangkitkan kognitif anak untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulisnya.

Pada esensinya, materi pendidikan anak usia dini diarahkan untuk bermain sambil belajar. Melalui metode bermain sambil belajar ini diharapkan dapat mendukung anak untuk tumbuh serta mandiri dan memiliki kontrol atas lingkungannya.
buku paud belajar menulis
Melalui bermain pula, anak dapat menemukan hal baru. Mereka bisa bereksplorasi, meniru, dan mempraktikan kehidupan sehari-hari sebagai sebuah langkah dalam membangun ketrampilan untuk menolong dirinya sendiri.

Dengan semangat tersebut dan sebagai wujud dukungan kami atas program Belajar dari Rumah (BDR), Penerbit Erlangga melalui imprint Erlangga For Kids bermaksud untuk berbagi kesempatan bagi para guru dan juga orang tua agar dapat memperkaya pengetahuan tentang pentingnya peran orang tua di rumah dan juga guru dalam pelaksanaan program tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik.

Baca: Bantuan Wabah COVID-19, Penerbit Erlangga Donasikan Rp20 Juta Lewat Dinas Pendidikan Lamongan dan Gresik

Di luar itu, Penerbit Erlangga melalui imprint Erlangga For Kids ingin mengajak para orang tua dan guru dalam menerapkan bermain sambil belajar yang menyenangkan untuk anak usia dini.

Untuk itu pada kesempatan ini Penerbit Erlangga  juga memperkenalkan sebuah lini produk baru yaitu Seri Bermain & Belajar Bersama EFK yang bisa menjadi pilihan orang tua dan guru untuk membantu anak meningkatkan sisi kreatifnya walaupun kegiatan bermain dan belajar dilangsungkan di rumah.
buku belajar membaca paud
Seri ini memberikan berbagai aktivitas seru untuk anak seperti berhitung, membaca, menggambar dengan kemasan yang menarik.

Melalui megawebinar dengan tema Bermain yang Bermanfaat untuk Anak Usia Dini, yang merupakan inti dari kegiatan ini, dilaksanakan dengan tujuan menambah pengetahuan guru dan orang tua saat membimbing anak usia dini dalam melakukan pembelajaran dari rumah.

Dibuka dengan materi yang disampaikan oleh DR. Muhammad Hasbi, selaku Direktur PAUD Kemendikbud, yang akan menyampaikan materi “Belajar dari Rumah yang Efektif dan Menyenangkan” mengenai dinamika proses bermain dan belajar yang diharapkan terjadi saat  menjalankan program Belajar dari Rumah bagi guru dan orang tua.

Baca: Langkah Kepedulian Penerbit Erlangga kepada TK SD Surabaya Semasa Wabah COVID19

Pembicara selanjutnya adalah Enno Lerian, artis dan sosok yang mewakili para orang tua yang memiliki anak usia dini, akan menyampaikan “Peran Orang Tua Saat BDR”. Diharapkan melalui sesi ini orang tua dapat memperoleh inspirasi dalam berkegiatan bersama anak-anaknya di rumah di masa Belajar Dari Rumah seperti saat ini.

Setelah itu Wikan Putri, M.Psi sebagai seorang psikolog pendidikan akan menyampaikan materi mengenai “Menciptakan Lingkungan yang Nyaman Saat BDR”.

"Mendampingi anak Belajar Dari Rumah, pada fase usia dini mereka belajar sambil bermain. Hal ini sebenarnya bukan untuk mengisi waktu. Namun untuk mempersiapkan belajar secara akademis di sekolah nantinya. Makanya ada materi pra-Calistung untuk menunjang pembelajaran nantinya," papar Wikan.
enno lerian
Enno Lerian saat mmberikan sharing mendidik anak lewat webinar
Melalui materi ini diharapkan dapat membantu para orang tua menciptakan lingkungan yang aman, sehat, nyaman, dan mendukung terbangunnya kemampuan fisik, bahasa, dan kognitif anak usia dini.

Kegiatan webinar ditutup dengan materi dari ibu Arumi Bachsin, SE selaku Duta PAUD dan Ketua TP PKK Jawa Timur yang menyampaikan materi mengenai “Penguatan Orang Tua & Guru dalam BDR”. Harapannya adalah guru dan orang tua dapat bekerja sama dalam proses pembelajaran bagi anak di rumah.

Menurut Fikri Somyadewi, Assistant Managing Director untuk Young Readers, Reference and Digital Products dari Penerbit Erlangga, bersama dengan kegiatan ini Penerbit Erlangga berharap agar selalu dapat hadir membawa ilmu pengetahuan di manapun anak-anak Indonesia berada.

Acara ini akan digelar sejak pukul 09.00 WIB dan disponsori oleh berbagai partner antara lain Solidaritas Erlangga dan SUMA ATK.
LihatTutupKomentar