Peringati Hari Anak Nasional, Astra Ajak Masyarakat Wujudkan Anak Sehat & Bahagia dari Rumah

hari anak nasionalMenteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati memberikan sambutan kepada para peserta webinar Hari Anak Nasional 2021 “Bersama Wujudkan Anak Sehat & Bahagia dari Rumah”. (22/7)

Suarajatim.com - Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini tak hanya membatasi mobilitas masyarakat secara luas, tapi juga membatasi ruang gerak anak-anak untuk bermain dan belajar di sekolah. Minimnya interaksi anak ini memengaruhi kesehatan mental dan psikis mereka.

Kondisi tersebut menjadi perhatian pemerintah dalam memperingati #HariAnakNasional yang jatuh pada 23 Juli 2021.

Baca: Peringati Sumpah Pemuda: Astra Kucurkan Dana Pembinaan untuk 11 Pemuda Berprestasi

Sejalan dengan tema Hari Anak Nasional 2021, yakni Anak Terlindungi, Indonesia Maju, Astra bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) RI/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Kesehatan RI, dan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI.
Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengajak seluruh orang tua untuk mengupayakan berbagai kegiatan menarik untuk anak selama di rumah agar anak tetap bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik demi masa depan Indonesia. (22/7)

Intitusi-intitusi tersebut berkolaborasi mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencari solusi bagaimana mewujudkan anak sehat, terlindungi, dan bahagia dari rumah, sehingga mereka nantinya dapat tumbuh menjadi generasi penerus yang berkontribusi positif terhadap kemajuan Indonesia.

Baca: Rizki Hamdani, Pemuda Pencetus Pertanian Zero Waste Peraih Astra Award

Melalui webinar yang diadakan Astra pada hari ini (22/7) dengan tema “Bersama Wujudkan Anak Sehat dan Bahagia dari Rumah”, turut hadir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati sebagai keynote speaker.

Dalam sambutannya, Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati memberikan arahan kepada masyarakat khususnya orang tua untuk lebih memerhatikan pendidikan, pengasuhan, kesehatan dan perkembangan anak, khususnya pada masa pandemi sekaligus mengingatkan betapa pentingnya kolaborasi dengan banyak pihak dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak.
Dr. Entos Zaenal, Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak atas kesehatan dan pendidikan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (kanan bawah), Drs. Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D., Direktur Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan Kementerian PPN RI/Bappenas (kanan atas), dan dr. Erna Mulati, M.Sc. (CMFM), Direktur Kesehatan Keluarga, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI (kiri bawah), Dr. Santi Ambarrukmi, M.Ed., Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI (kiri atas), Bondan Susilo, Department Head of CSR Astra (tengah bawah) dalam webinar Bersama Wujudkan Anak Sehat & Bahagia dari Rumah yang dilaksanakan oleh Astra dipandu oleh moderator Samanta Elsener, M.Psi, psikolog anak & keluarga (tengah atas). (22/7)

“Meskipun pada saat ini berbagai tantangan berada di depan mata, namun perlu kita ingat bersama bahwa berbagai hak anak wajib dipenuhi tanpa terkecuali dalam situasi tersulit sekalipun dan pada setiap anak tanpa diskriminasi."

"Dalam hal ini saya juga ingin menyampaikan apresiasi kepada Astra yang telah memberikan praktik yang baik dan contoh nyata kontribusi dunia usaha terhadap kemajuan anak-anak kita. Besar harapan saya Astra dapat menjadi inspirasi bagi seluruh sektor pembangunan untuk tergerak menjadi motor bagi Indonesia Maju,” ujarnya kepada 3.000 peserta yang terdiri dari Avicenna/kader posyandu, guru PAUD, dan masyarakat umum.

Baca: Astra dan 133 Perusahaan dari 14 Kota Lakukan Pelepasan Ekspor Bersama Presiden Jokowi

“Keseluruhan program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yang berfokus pada anak, bertujuan memberi kontribusi nyata dalam membangun generasi emas Indonesia yang unggul, maju dan siap bersaing secara global. Khusus pada masa pandemi saat ini, kami mengajak seluruh orang tua untuk mengupayakan berbagai kegiatan menarik untuk anak selama di rumah agar anak tetap bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik demi masa depan Indonesia,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.
Hasil gambar Favorit Utama I oleh Sheza Rizwana Aqila dari Kediri dalam Gebyar Mewarnai PAUD Sederajat Nasional 2021 yang dilaksanakan oleh Astra pada tanggal 7-17 Juli 2021

Rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2021 yang dilaksanakan oleh Astra telah berlangsung sejak tanggal 7 hingga 17 Juli 2021 dengan berbagai kegiatan seperti Gebyar Mewarnai Siswa PAUD/Sederajat Nasional 2021 secara daring dengan total 1.370 pendaftar dari seluruh Indonesia. Selain itu segera berlangsung Lomba Cipta & Dongeng Nasional yang registrasinya masih dibuka hingga 5 Agustus 2021.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak-anak untuk tetap menunjukkan karyanya di tengah situasi yang tidak menentu ini.

Semangat Astra dalam memperingati Hari Nasional Anak sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.(*)
LihatTutupKomentar