Tradisi Sowan Kapolda ke Jenderal Purnawirawan Jelang Hari Bhayangkara, Disuguhi Sambel

mantan kapolda

Surabaya, Suarajatim.com - Tradisi lama yang sering dilakukan oleh Kapolda dan Wakapolda Jatim saat menjelang peringatan hari Bhayangkara, yaitu anjangsana dan silaturahim ke rumah mantan Kapolda-Wakapolda Jatim yang sudah Purnawirawan dan tinggal di Jawa Timur.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta bersama para pejabat utama Polda Jatim melakoni rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 dengan melakukan audiensi ke kediaman mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol (Purn) Anton Setiadji di Surabaya pada Senin (22/06/2022).

Hal tersebut sebagai wujud kepedulian Polda Jatim dalam menjalin hubungan dengan purnawirawan Polri yang sudah memasuki masa purna tugas, sekaligus mohon saran, masukan dan doa agar Polri khususnya Polda Jatim semakin dicintai oleh masyarakat dalam menjaga Harkamtibmas di wilayah Jatim.

Kunjungan Kapolda Jatim beserta rombongan mendapat sambutan hangat oleh keluarga Irjen Pol (Purn) Anton Setijadi. Dalam suasana hangat tersebut Pak Anton menceritakan pengalamannya saat mengelola harkamtibmas wilayah Jawa Timur di masa menjabat sebagai Kapolda Jatim (periode 7 September 2015 s/d 16 Desember 2016). Dari pengalaman dan wejangan itu tentunya sangat bermanfaat bagi Kapolda Jatim sekarang ini dalam mengelola harkamtibmas Jatim di masa yang akan datang.

Usai ngobrol hangat Kapolda Jatim dan rombongan menyantap makan siang yang dihidangkan ibu Anton dengan menu masakan khas Jawa Timuran yaitu sambel Tumpang khas Kediri.

Dalam percakapan tersebut Bu Anton diketahui asli Kediri, sama dengan daerah asal dari ibu kandung Irjen Nico Afinta yakni Ploso Klaten Kab Kediri, obrolan semakin renyah.

Audiensi dilanjutkan dengan pemotongan kue oleh Kapolda Jatim Irjen pol Nico Afinta dan diserahkan kepada Irjen pol (purn) Anton Setijadi dan diakhiri dengan foto bersama.

Selain anjangsana yang dilaksanakan Kapolda Jatim ke kediaman Irjen Pol (purn) Anton Setijadi, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo juga melakukan anjangsana ke kediaman mantan Wakapolda Jawa Timur Brigjend Pol (purn) Suprojo Wirjo Sumarjo di Surabaya.

Kegiatan ini merupakan tradisi yang selalu dilakukan oleh Kapolda dan Wakapolda Jatim saat peringatan hari bhayangkara tiba. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini hubungan emosional dan silaturahmi dengan Purnawirawan Polri tetap terjalin dengan baik.(*)
LihatTutupKomentar