iklan jual beli mobil

PLN Terus Dorong Transisi Energi dan Raih Penghargaan Internasional The Best Green Loan

PLN pengharaan The Asset

Hongkong, Suarajatim.com - Komitmen PT PLN (Persero) dalam mendorong pertumbuhan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup kembali mendapatkan pengakuan secara global.


Kali ini, PLN meraih penghargaan The Best Green Loan pada ajang internasional Triple A Country Awards for Sustainable Finance 2022 dari The Asset.

The Asset adalah lembaga riset dan penerbit berita bisnis serta industri keuangan Asia yang berbasis di Hongkong sejak tahun 1999. PLN mendapatkan penghargaan tersebut karena telah memenuhi kriteria dan unggul dalam penerapan environmental, social and governance (ESG) dalam menyediakan listrik. Penghargaan ini diterima oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, pada hari Kamis, 23 Februari 2023, di Hong Kong.

Dalam kesempatan tersebut, Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi bagi PLN untuk terus melakukan transisi energi dalam menghadapi perubahan iklim. PLN juga siap untuk bekerjasama dengan berbagai pihak guna mengurangi emisi karbon CO2 yang menjadi penyebab pemanasan global.

Darmawan Prasodjo menambahkan bahwa transisi energi ini tidak dapat dilakukan tanpa keterlibatan seluruh pihak. Oleh karena itu, dibutuhkan keterlibatan global dalam mendukung transisi energi di Indonesia sebagaimana cita-cita dunia mewujudkan Net Zero Emission pada tahun 2060.

PLN berhasil meraih penghargaan The Best Green Loan berkat keberhasilannya dalam mendapatkan green loan dari sindikasi perbankan multinasional dan internasional senilai USD 750 juta dengan Greenshoe Option pada Desember 2022 lalu.

Pencapaian ini merupakan hasil kerjasama dengan 8 pihak perbankan, yaitu Bank of China (BOC), China Construction Bank Corporation (CCB), CIMB Bank, Bank DBS, Bank Mizuho, Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC), Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC), dan United Overseas Bank (UOB).

Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa PLN telah melakukan banyak langkah dalam upaya mengurangi emisi karbon. Pembiayaan ini akan digunakan untuk mendanai proyek-proyek hijau (Eligible Green Projects) dari PLN.

Dalam kesempatan ini, Darmawan Prasodjo juga mengajak investor untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya di proyek-proyek transisi energi, yang dapat memberikan keuntungan yang menarik bagi investor.

"Penghargaan ini membuat kami merasa bangga dan yakin bahwa apapun tantangannya, kita akan tetap maju. Ini baru permulaan dari perjuangan panjang melawan perubahan iklim. Perjuangan baru dimulai untuk terus menyokong perekonomian secara berkelanjutan," tutup Darmawan Prasodjo.

LihatTutupKomentar