iklan jual beli mobil

Agatha Retnosari Fokus Bikin UMKM Surabaya Naik Kelas

  • Sebagai caleg DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil 1, Agatha Retnosari, gencar memberikan dukungan kepada pelaku UMKM. Ia bertekad membawa UMKM Surabaya naik kelas.

Suarajatim.com - Agatha Retnosari, anggota DPRD Jawa Timur, menunjukkan kepeduliannya terhadap UMKM. Hal ini ia ungkapkan dalam sebuah podcast. Agatha mengungkapkan harapannya agar UMKM di Surabaya bisa naik kelas.


“Saatnya UMKM, khususnya yang ada di kota Surabaya dengan produk-produk yang cukup kompetitif harus naik kelas, agar produknya bisa berkembang dan diminati, tidak hanya warga Surabaya, tapi juga warga di luar Surabaya,” ungkapnya.


Untuk menunjukkan dukungannya terhadap UMKM Surabaya, Agatha hadir di pelatihan UMKM bersama Barto & friends di Surabaya Suite Hotel, pada Rabu (5/9/23).


Pada acara besutan Rumah UMKM tersebut, Agatha memberikan semangat sekaligus membagikan pandangannya tentang peluang-peluang yang mungkin terjadi bagi para pelaku UMKM.


Peserta pelatihan rumah UMKM batch 7 dan 8 memadati ruang Kenari untuk menyerap materi seputar Pentingnya Menguasai Public Speaking.

Rudy Yohannes Susanto, Program Director (PD) sekaligus host senior MercuryFM, menjadi salah satu narasumber yang membagikan tips berbicara di depan umum sehingga dapat menarik perhatian orang lain untuk mendengarkan. 


Menurut Rudy, keahlian public speaking penting dimiliki pelaku UMKM agar bisa memasarkan produknya dengan percaya diri.


Para peserta juga diajak berdiskusi kelompok untuk memecahkan studi kasus, dan tampil di depan seluruh peserta yang hadir untuk presentasi.


Agatha sebagai anggota komisi B DPRD Jawa Timur yang bergerak di bidang perekonomian, menyampaikan beberapa pencapaian yang pernah dibuatnya bersama Dinas Koperasi Jawa Timur. Di antaranya soal sertifikasi halal.

Agatha dikenal gencar dalam mensosialisasikan dan memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM. 


“Semua data ada di sosial media dan website saya di https://agatharetnosari.com/ untuk mengetahui lebih lanjut kinerja saya. Monggo, kalau ada yang ingin diskusi atau menyampaikan aspirasi bisa colek saya di sana," ungkapnya.


Kesempatan ini juga digunakan oleh Agatha untuk mempromosikan diri dalam rangka pencalonannya sebagai caleg DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil 1. Ia mengaku akan berupaya menampung berbagai aspirasi di setiap kunjungannya.


Ia berharap akan ada UMKM baru dan UMKM naik kelas, dengan target 2.000 UMKM bertumbuh setiap tahunnya.


“Ketika memutuskan jadi pelaku UMKM atau pengusaha, maka harus agresif untuk mencari pasar. Agresif mengembangkan diri bersama Barto & friends,” pungkasnya.

LihatTutupKomentar