mie lurus

Komitmen Meningkatkan Pendapatan Daerah Melalui Optimalisasi Pajak Ranmor

rakornas pendapatan daerah

Suarajatim.com - Tim Pembina Samsat Nasional menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pendapatan dan Keuangan Daerah Tahun 2023 di Hotel Novotel Palembang pada Selasa (14/11/2023).


Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Dr. Drs. H. A. Fathoni, M.Si., menyatakan pertemuan ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk meningkatkan pendapatan pada akhir tahun, yang dianggap sebagai instrumen penting dalam pembangunan.

Fathoni menekankan langkah-langkah untuk mencapai hal ini, antara lain, melalui peningkatan pajak kendaraan bermotor dan optimalisasi pemanfaatan Sistem Informasi Pajak Daerah (SIPD).

Ia juga menegaskan dukungannya terhadap upaya meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor, yang menjadi perhatian utama Tim Pembina Samsat Nasional, dengan mengatakan bahwa pajak ini memiliki korelasi yang sangat signifikan terhadap pelayanan publik.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi, menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap administrasi kendaraan, termasuk pembayaran pajak kendaraan dan aturan berlalu lintas.

Dalam kesempatan itu, Kakorlantas mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendorong masyarakat sebagai pemilik kendaraan agar patuh pada kewajibannya, mengingat pajak tersebut kembali kepada masyarakat dan memberikan manfaat bagi pengguna jalan.

Sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Korlantas Polri, Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, menyoroti pentingnya persamaan persepsi terkait data digital dan keamanan.

Rivan menekankan bahwa hal ini penting untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memaksimalkan pendapatan dari pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Rivan juga menyampaikan bahwa Jasa Raharja terus bertransformasi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. "Komitmen ini akan terus menjadi fokus kami, sehingga kehadiran Jasa Raharja benar-benar dirasakan bermanfaat oleh masyarakat," tambahnya.

Rapat ini dihadiri oleh Direktur Pendapatan pada Ditjen Bina Keuangan Daerah PAGE Kemendagri RI, Dr. Hendriwan, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK, Sekretaris Perusahaan Jasa Raharja, Dodi Apriansyah, Bupati dan Walikota se-Sumatera Selatan, serta sejumlah Kepala Bapenda dan BPKAD Provinsi di Indonesia.

LihatTutupKomentar
close
mayora