iklan jual beli mobil

Dalam Keadaan Bertegangan, PLN Bali Terapkan Teknik Sentuh Langsung untuk Jaga Keandalan Listrik

PLN UPT Bali Terapkan "Teknik Sentuh Langsung" untuk Jaga Keandalan Suplai Listrik selama Ramadhan hingga Lebaran

Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan

Suarajatim.com - Dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bali telah melakukan langkah proaktif dengan menerapkan "Teknik Sentuh Langsung" untuk memastikan keandalan sistem transmisi listrik di Pulau Dewata. Hal ini dilakukan guna memastikan pasokan listrik yang andal kepada pelanggan selama periode penting ini.


Langkah ini diambil setelah petugas PLN melakukan inspeksi rutin dan menemukan indikasi anomali pada peralatan transmisi listrik. Amiruddin, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), menyatakan bahwa Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bali telah melakukan perbaikan pada hotspot top clamp di Gardu Induk (GI) 150 kV Padangsambian. Perbaikan dilakukan tanpa memutus aliran listrik, sehingga pasokan listrik ke pelanggan tetap terjaga.


"Kami melakukan perbaikan dalam keadaan bertegangan menggunakan metode sentuh langsung atau barehand technique. Ini sebagai komitmen kami untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan bagi pelanggan, terutama selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri," jelas Amiruddin.


Amiruddin juga menambahkan bahwa metode yang sama telah diterapkan untuk merespons anomali pada clamp PMS Bus B Bay Gianyar fasa S GI 150 kV Payangan. Tim PDKB (Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan) PLN berhasil membersihkan active part clamp yang terkontaminasi polutan tinggi dengan menggunakan metode sentuh langsung, sehingga terhindar gangguan suplai listrik kepada pelanggan.


"Penggunaan metode sentuh langsung ini dilakukan dengan aman oleh tim PDKB yang telah dilatih dan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) khusus. Seluruh proses dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang menekankan pada keselamatan dan kesehatan kerja," tambah Amiruddin.


Dengan langkah cepat ini, PLN berharap dapat menjaga keandalan sistem kelistrikan di Bali selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Selain itu, dukungan PLN ini diharapkan juga dapat memperkuat pergerakan ekonomi di Bali sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang populer.(*)


Baca berita PLN yang lain di Google News 

LihatTutupKomentar