iklan jual beli mobil

PLN Jamin Kelistrikan Jawa Timur Tetap Stabil Pasca Gempa Beruntun

Inspeksi Intensif PLN Jamin Kelistrikan Jawa Timur Pasca Gempa


Sidoarjo, Suarajatim.com - Setelah rangkaian gempa mengguncang pada Jumat (22/3), PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali memastikan bahwa getaran sebanyak 41 kali tersebut tidak berdampak pada fungsi peralatan sistem transmisi. Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM, menyatakan bahwa pemantauan intensif terus dilakukan oleh petugas di seluruh wilayah kerja.

"Pemantauan intensif dilakukan oleh petugas di seluruh lokasi wilayah kerja untuk memastikan tidak adanya anomali pasca gempa. Kami memeriksa keandalan peralatan dengan seksama, termasuk mendeteksi adanya potensi gempa susulan," jelas Amiruddin.

Petugas melakukan deteksi dengan detail, memastikan tidak ada perbedaan kondisi dari sebelumnya, alarm berfungsi dengan baik, tidak ada kebocoran minyak dan gas, serta mengecek kemiringan dan kondisi pondasi peralatan. Selain itu, mereka juga memastikan tidak adanya hotspot pada peralatan.

Amiruddin menegaskan bahwa hingga hari ini, seluruh lokasi wilayah kerja, termasuk jaringan dan gardu induk, dalam kondisi aman. Meskipun beberapa lokasi terindikasi karena dekat dengan pusat gempa, namun tidak menunjukkan masalah serius dan telah kembali normal. Peralatan juga berfungsi optimal.

PLN UIT JBM terus melakukan langkah preventif untuk memastikan infrastruktur kelistrikan tetap aman, termasuk rutin menjalankan grebek right of way (ROW), membersihkan layang-layang yang terbang dekat dengan jaringan transmisi, dan mengoptimalisasikan pasukan PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan).

LihatTutupKomentar