iklan jual beli mobil

Ini 5 Level Orang Mapan, Anda Ada di Mana?

  • Mapan jadi tujuan mayoritas orang dari dulu hingga sekarang. Bedanya, kini istilahnya lebih keren, yakni financial independence, dan ada komunitasnya pula. Mereka mengklasifikasikan orang mapan ke dalam 5 level. Yuk simak.

Suarajatim.com - Beberapa tahun belakangan banyak anak-anak muda yang terobsesi pada pensiun dini. Mereka menjadikan itu topik-topik hangat dalam podcast, blog, dan diskusi-diskusi santai bersama teman. 


Hingga terbentuklah gerakan Financial Independence, Retire Early (FIRE) di internet yang pengikutnya berasal dari berbagai macam latar belakang socioeconomic. Mereka saling berbagi pengalaman menuju kebebasan finansial. 


Pritta Ghozie, perencana keuangan, menyebutkan dalam laman Instagramnya, bahwa FIRE mengeluarkan teori baru yang membagi kemapanan finansial seseorang ke dalam 5 level. Kira-kira Anda masuk di level yang mana ya?


Level 1: Bebas Utang

Seperti diketahui, apapun bentuknya, utang akan menggerus kekayaan kita. Adanya utang membuat hidup menjadi tidak leluasa. Inilah yang harus disingkirkan pertama kali untuk mencapai kebebasan finansial.


"Ini adalah langkah pertama menuju kemapanan finansial. Tanpa utang kita jadi lebih leluasa mengalokasikan uang  untuk tabungan dan investasi," kata Pritta dikutip Sabtu (20/4).


Level 2: Forget You Money

Ciri dari level ini adalah Anda tidak takut atau khawatir lagi untuk say bye bye pada pekerjaan Anda yang menyebalkan. Anda bisa dengan yakin memulai bisnis baru yang sudah lama diimpikan tanpa pusing memikirkan pemasukan bulanan.


"Forget yang dimaksud adalah kita memiliki keuangan yang stabil sehingga bisa melupakan berapa banyak income yang diberikan pekerjaan saat ini. Dengan demikian kita bisa memilih pekerjaan yang disukai berapapun income yang dihasilkan," papar Pritta.

Level 3: Almost Financial Independence

Seseorang dikatakan telah masuk ke level ini ketika investasi rutin mereka diperkirakan akan sampai ke jumlah dana pensiun yang diperlukan. 


Dana pensiun muda, umumnya menggunakan rumus jumlah penghasilan tahunan yang Anda anggap cukup, dikalikan 25. Misalnya dana pensiun yang Anda mau sebesar Rp 10 Miliar. Jika sekarang Anda memiliki uang yang diyakini akan menyentuh angka 10 Miliar, maka Anda sudah masuk di Level 3.


Level 4: Semi Pensiun

Pada level ini seseorang dapat bekerja sesuai waktu yang dikehendaki. Ia juga bisa mengambil 1 sampai 2 persen dana tabungan pensiunnya untuk keperluan pribadi. Ini menandakan dana pensiun sudah sangat mendekati target yang diinginkan.


Level 5: Merdeka Finansial

"Pada tahap ini seseorang tidak perlu khawatir tentang pengeluaran. Individu yang merdeka secara finansial dapat mengeluarkan uang sesuka hati tanpa memikirkan konsekuensi keuangan, bahkan dapat menciptakan sumber pendalatan baru," tutup Pritta.


Sekarang apakah sudah tahu, masuk di level mana keuangan Anda?

LihatTutupKomentar