-->

Adaptasi New Normal, Bisnis Minuman Pick Cup Hadir Menggandeng Ovomaltine

Jakarta, Suarajatim – Dampak penyebaran Covid-19 yang sudah berlangsung 4 bulan ini mulai dirasakan berat bagi kalangan pebisnis di Tanah Air, dan bahkan dunia. Tidak sedikit kalangan dunia usaha yang memulai melakukan efisiensi seperti pengurangan karyawan dan sebagainya.


Gempuran wabah Covid-19 ini bahkan tidak memilih korbannya. Banyak perusahaan kecil maupun besar terpaksa harus mengibarkan bendera putih tanda menyerah. Untuk tetap bertahan, sejumlah perusahaan bisnis waralaba di bidang F&B (Food & Beverage) mulai menjalankan strategi bisnis yang tidak biasa. Semua dilakukan semata-mata demi berlangsungnya bisnis yang berkelanjutan.

Baca: Jus Pencegah Penyakit Jantung

Unik nya, meski banyak pebisnis yang goyang dan roboh, beberapa usaha yang dilakukan pengusaha muda justru dapat bertahan dan bahkan tumbuh. Salah satunya diperlihatkan pebisnis F&B yang dikelola PT. Solomon Utama melalui brand Pick Cup (@pickcupindonesia).  “Kita tidak boleh hanya sekedar berharap bahwa semua akan kembali normal seperti pre-Covid.  Kita harus bisa fleksibel dan beradaptasi untuk market New Normal,” beber Kama Sulaiman, CEO & Owner PT. Solomon Utama. 
minuman pick cup
Kama Sulaiman, CEO & Owner PT. Solomon Utama (kiri)
Kama menjelaskan bahwa dalam waktu PSBB dan WFH, konsep Quick Serve Retail (QSR) adalah suatu konsep bisnis yang dapat berkembang karena dianggap sebagai bisnis esensial di Indonesia dan diperbolehkan beroperasi selama PSBB dengan memenuhi syarat higenis dan social distancing yang ditentukan oleh pemerintah RI.

“QSR adalah masa depan F&B, konsep yang man-power rendah, biaya operasional rendah dan berpeluang tinggi,” kilah pria yang baru saja  merayakan ulang tahunnya ke 38,  beberapa hari lalu ini.

Di tengah PSBB , Pick Cup juga berhasil me-launching-kan kolaborasi resmi dengan Ovomaltine Indonesia yang  merupakan merek Global yang berasal dari Switzerland.  Di Indonesia, brand Pick Cup menjadi satu-satunya merek dagang minuman lokal yang mendapat dukungan dari Ovomaltine yang tidak mudah dalam memberikan lisensi bagi mitra lokalnya.  “Kami brand minuman lokal Indonesia pertama yang mendapat dukungan dan Kolaborasi Resmi dari Ovomaltine,” bangga Kama Sulaiman.

Baca: Tur Pengolahan Kopi Probolinggo

Ketegaran bisnis Pick Cup yang digagas sejak September 2019 ini tak hanya dukungan brand Ovomaltine saja. Peran tangan dingin Richard Suma Kusnadi S.Tp M.Sc di belakang menu Pick Cup juga besar. Peran Richard di bidang pengembangan menu di Pick Cup membuat Pick Cup terkenal sebagai Brand yang sangat inovatif. “Kami tidak ingin terjebak dengan sekedar mengikuti trend yang yang sedang berlangsung sehingga kami harus selalu berinovasi untuk menjadi trend maker serta menggunakan produk dengan kearifan lokal,” kata anak muda yang menduduki jabatan R&D Director PT. Solomon Utama.

Rahasia sukses lain bisnis Pick Cup di musim Pandemi Covid-19 ini adalah soal konsistensinya dalam menjalankan protocol kesehatan dan keselamatan bagi pelanggannya. Misalnya untuk kemasan minuman Pick Cup, selalu menggunakan kemasan yang aman dan higienis. “Kami jamin tetap higienis dengan rasa tetap segar,” jamin Kama Sulaiman.

Sejak dioperasikan, saat ini Pick Cup sudah memiliki gerai di sejumlah kota besar Indonesia, yaitu : Medan, Semarang, Bandung, Bogor, Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Sementara beberapa kota masih menunggu situasi pandemic Covid-19 mereda, yaitu di Bali, Jambi, Palembang, Bangka Belitung, dan Surabaya.
LihatTutupKomentar