Pandemi, Yatim Mandiri Salurkan Dana Ziswaf Rp114 Miliar

yatim mandiri surabayaMilad ke-27 Yatim Mandiri dihadiri para pengurus

Surabaya, Suarajatim.com
- Sederet pencapaian luhur mengiringi peringatan Milad ke-27 Yatim Mandiri (YM). Dengan tema Kolaborasi untuk Negeri, YM terus memberikan program yang memberi manfaat bagi masyarakat.

#yatimmandiri #yatimdhuafa @yatimmandiri @yatim_mandiri_surabaya

Kegiatan talkshow yang bertempat di Visma Coffee Art & Go Working Space Jalan Tegalsari Surabaya ini dihadiri oleh H. Mutrofin, S.E selaku Dirut YM, Rudi Mulyono S.Kom Sekretaris pengurus YM dan Hendy Nurrohmansyah S.S sebagai Direktur Program YM.

H. Mutrofin, S.E Dirut Yatim Mandiri menuturkan, selama 27 tahun berdiri YM sering mendapatkan berbagai penghargaan. Seperti pada 2011 mendapat rekor MURI sebagai Lembaga Sosial Pemberian Beasiswa Terbanyak untuk Anak Yatim dan Dhuafa Tidak Mampu. Mendapat Akreditasi A dari Kementrian Agama RI pada 2018.

"Selain itu, kami juga mendapat Penghargaan Fundraising Program Pendidikan Terbaik “Indonesia Fundraising Award” 2020. Serta terus memperoleh Opini WTP dari Audit KAP sejak 2014 sampai 2019," tuturnya.
penerima dana ziswafSIMBOLIK - Penyerahan dana ziswaf

Pada 2020, tercatat sebanyak Rp114 Miliar digelontorkan dana ziswaf (zakat infaq sodaqoh wakaf) secara tepat sasaran di seluruh pelosok negeri. Terdapat 362.076 orang penerima dana tersebut. YM berhasil memberikan bantuan pada 26.618 lokasi di 13 provinsi, 48 daerah. 

Di 2021, YM menyalurkan bantuan pendidikan kepada 16.145 Yatim Dhuafa di berbagai daerah serta berbagai aksi sosial lainnya.

Baca: Wuling Gandeng Rumah Zakat untuk Donasikan Masker Non-Medis dan Sembako

"Pada bidang pendidikan Yatim Mandiri telah berhasil membantu 1.179 anak Yatim Dhuafa mendapatkan fasilitas try out, terlaksana Kampung Belajar Mandiri di 109 titik, tercapai 6 kepala Asrama dan 46 Santri, 335 anak mengikuti 36 lomba dengan hasil 29 Juara Lomba/ Olimpiade MIPA, Olahraga dan Seni, 438 video Kita Belajar Mandiri, dan 2.141 Yatim Dhuafa mengikuti Olimpiade Matematika dan Al Quran (OMATIQ)," ungkapnya.

Menurut Mutrofin, Program kami menyebar di seluruh Indonesia ± 700 sanggar. Dengan program pemberian Beasiswa. Kami memberikan lebih banyak manfaat kepada anak Yatim dan Dhuafa hingga ke seluruh pelosok negeri. Sehingga dapat melanjutkan komitmen untuk menghimpun dan menyalurkan dana Ziswaf (zakat infaq sodaqoh wakaf) kepada mereka.
direktur yatim mandiriH. Mutrofin, S.E, Dirut Yatim Mandiri

"Hingga saat lebih dari 20 anak Yatim mendapatkan program Beasiswa mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi," jelasnya. Selasa (30/03/2021)

Mutrofin menambahkan, kami juga ada program pemberdayaan pada ternak baik ternak lele, maupun pembesaran ayam di situ diberikan peluang pekerjaan kepada anak Yatim dan Dhuafa.

"Selain itu, juga Program Kesehatan. Alhamdulillah, kami memberikan program kesehatan kepada  anak Yatim dan Dhuafa, baik itu sakit ringan hingga sakit yang harus dirawat. Dan program kesehatan ini berkelanjutan. Semua Program kami tersebar di Indonesia, seperti Samarinda, Makassar, Medan, Denpasar, dan Pulau Jawa di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Baca: Bagi Kupon Makan Gratis, Banyuwangi Siapkan Empat Skema Jaring Pengaman Ekonomi Terdampak Covid-19

Yatim Mandiri juga mendatangkan anak yatim binaannya yang berhasil sukses. Seperti Muhammad Nurriyanto, salah satu siswa dari SMA insan Cendekia Mandiri Boarding School. Ia berhasil diterima di Universitas Airlangga jurusan Keperawatan. Nurriyanto salah satu dari sekian banyak lulusan SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School yang berhasil diterima di universitas negeri ternama di Indonesia.

Juga Muhammad Najih, salah satu alumni dari Mandiri Entrepreneur Center, berhasil menjadi seorang wirausahawan muda. Produk yang dipasarkannya adalah legen, minuman khas Gresik dengan brand Legend Tren. Najih pun hanya satu dari sekian banyak binaan Yatim Mandiri yang sukses menjadi wirausahawan sejak muda.

Senada dengan sang Dirut, Hendy Nurrohmansyah S.S selaku Direktur Program YM mengatakan bahwa selama 27 tahun ini YM selalu istiqomah dalam memberikan solusi terhadap urusan yatim dan dhuafa.

"Kami selalu terbuka dengan program-program penyaluran ziswaf, terutama kepada saudara sesama muslim. Bahkan sampai luar negeri pun diberikan uluran bantuan." tukas Hendy ketika menceritakan bantuan YM sampai ke Palestina dan Myanmar (Rohingya).

Menutup acara, H. Mutrofin dan Hendy Nurrohmansyah S.S mengharapkan kolaborasi dan kontribusi rekan-rekan media untuk bersama-sama membangun Indonesia.

"Kami harap, rekan-rekan terus mendukung kami dalam menyiarkan kebaikan. Jangan lelah mengabarkan kebaikan karena insyaAllah  terdapat keberkahan," pungkas Hendy.(*)

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0